Jumat, 06 Maret 2020

Ayo lawan obesitas ubah hidup menjadi sehat


This is a visible paragraph.

Note: The hidden attribute is not supported in IE10 or earlier versions.


Kegemukan dalam istilah kedokteran dinamakan obesitas, adalahsuatu urusan yang butuh diwaspadai. Bahkan kini ini kegemukan sudah disebutkan suatu penyakit. Sudah tidak sedikit bukti yang mengindikasikan adanya hubungan antara kegemukan dengan sekian banyak  penyakit. Kegemukan yang awalnya menjadi persoalan di negara-negara maju, sekarang tampaknya telah menjadi persoalan di negara-negara berkembang. Kalau dulu tidak sedikit penduduk di muka bumi yang meninggal sebab kelaparan, kini justru tidak sedikit yang meninggal sebab komplikasi dari keunggulan makan. Berdasarkan keterangan dari data WHO lebih dari 1,4 milyar orang dewasa mempunyai berat badan berlebih dan 2.8 juta orang dewasa meninggal tiap tahun sebab obesitas yang menyebabkan sekian banyak  penyakit kronis laksana diabetes dan penyakit jantung. Data Riskesdas 2013 menunjukan prevalensi obesitas pada laki laki dewasa terjadi penambahan menjadi 19,7 % dari 13.9 % di tahun 2007 dan perempuan dewasa meningkat lumayan tinggi 32,9 % dari 14,8 % di tahun 2007, penambahan yg lumayan tinggi 18.1%.

Kenapa kegemukan menjadi masalah kesehatan? Di samping Kegemukan disaksikan dari masalah estetika, dimana orang bertubuh langsing lebih sedap dipandang, kegemukan bersangkutan dengan angka kejadian penyakit jantung, Diabetes melitus (kencing manis),Hipertensi (darah tinggi), Kanker, asam urat,dan penyakit lainnya.Orang yang kegemukan atau obesitas, tidak melulu kurang sedap di anggap mata, namun juga riskan dari segi kesehatan. Kegemukan membahayakan kesehatan sebab dapat menimbulkan sekian banyak  penyakit laksana penyakit jantung, desakan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (dibetes mellitus) dan sekian banyak  penyakit lainnya.

Orang menjadi gemuk dampak dari makanan yang dikonsumsi melebihi apa yang diperlukan tubuh. Tubuh membutuhkan makanan untuk kebutuhan metabolisme atau dengan istilah sederhana ialah sebagai kalori/bahan bakar untuk alat tubuh guna melaksanakan kegunaannya dan bahan bakar guna melaksanakan kegiatan fisik. Zat gizi yang diperlukan untuk tubuh,komposisinya mesti seimbang sampai-sampai tubuh anda tidak mogok ketika bekerja. Bagi zat gizi yang bermanfaat sebagai bahan bakar yakni kalori, bilamana berlebihan, akan ditabung menjadi lemak dalam jaringan adiposa sampai-sampai dalam kurun masa-masa tertentu memunculkan kegemukan.

Diet bukan berarti tidak makan, namun diet ialah bagaimana kita menata makanan anda baik yang mencantol jenis makanan, jumlah makanan dan jadwal makan. Adalah sesuatu yang salah sekitar ini berkembang di masyarakat bahwa diet berarti tidak santap malam atau berpantang santap nasi. Sehingga untuk orang awam diet tersebut ibarat penganiayaan sementara di dunia. Sehingga tidak sedikit yang lari ke teknik cepat tetapi membahayakan kesehatan,misalnya dengan minum obat-obatan diuretik atau pelangsing yang berisi bahan kimia yang membahayakan ginjal. Menurunkan berat badan dengan teknik yang cepat akan berdampak fatal, sebab mengganggu metabolisme tubuh dan bakal terjadi sindrome yoyo,dimana berat badan bakal naik dengan cepat pula. Menurunkan berat badan sangat tidak ½ Kg tiap minggu dan butuh dievaluasi dalam kurun masa-masa 6 bulan. Dengan merealisasikan gizi sebanding dan manajemen diet bakal membantu untuk penderita obesitas menurunkan berat badan dengan teknik alamiah sampai-sampai tetap sehat dan bugar tanpa memunculkan efek untuk metabolisme dan ekuilibrium tubuh yang dominan  pada resiko gangguan pada lambung dan gangguan pada organ ginjal.

Manajemen diet untuk menanggulangi kegemukan dipecah dari 3 aspek :

Menyangkut jenis makanan ; kurangi makanan yang berkalori tinggi laksana kue, sirup, dodol, kurangi makanan yang berlemak, tidak sedikit menggunakan santan atau yang digoreng, perbanyak santap sayur dan buah untuk menyerahkan volume pada lambung sehingga menyerahkan rasa kenyang, sebab diketahui bahwa sayur dan buah tidak sedikit berisi serat yang pun dapat meminimalisir waktu transit makanan di usus halus, sampai-sampai kalori tidak tidak sedikit diserap. Buah dan sayur pun berisi vitamin dan mineral yang menolong metabolisme tubuh sampai-sampai tubuh tidak jarang kali dalam suasana sehat dan bugar. Juga tidak boleh kita lupa bilamana kita sudah mengubah nasi dengan popeda ,singkong, mie sebagai sumber kalori pada ketika makan,kita mesti menyimak porsi,karena nilai kalori dari pengganti nasi nyaris sama. Kita tidak usah terlampau percaya dan cemas bahwa nasi akan menciptakan kita gemuk,sehingga tidak sedikit orang yang berdiet mereka berpantang santap nasi, sebenarnya nasi telah menjadi makanan pokoknya sekitar bertahun-tahun dan mereka menjalankan diet dengan perasaan tersiksa. nasi umbi dan singkong sangat baik karena mengandung kalori.
Menyangkut jumlah ; Yang butuh diperhatikan ialah orang yang gemuk usahakan meminimalisir porsi santap nasi yang seringkali 2 piring menjadi sepiring (100 gram),lauk yang seringkali 2 potong menjadi satu potong (50 gram) dan porsi sayur dinaikkan yang seringkali 1 sendok sayur menjadi 3 sendok sayur, diperbanyak dengan buah 2-3 porsi. Jadi mencantol jumlah makanan tidak secara menyeluruh dikurangi, namun bertahap. Biasanya 2 piring menjadi 1½ piring lantas 1 piring.Untuk santap siang 1 piring menjadi keperluan karena tidak sedikit kalori yang terpakai oleh kegiatan siang hari. Untuk santap malam kurangi ¾ piring. Bagi menurunkan BB sejumlah ½ kg s/d 1 kg per minggu dibutuhkan pengurangan kalori sejumlah 500 kalori perhari, pastinya secara bertahap. Jadi diet yang dipakai mulai dari diet Rendah kalori 1 : 1200 kalori dan diet rendah kalori 2 : 1500 kalori.
Menyangkut Jadwal Makan ; Bagi waktu santap tetap santap 3 kali sehari,hindari santap makanan cemilan yang berkalori tinggi,makanan cemilan dapat diganti dengan buah-buahan. Makanan Selingan/snak dapat diganti dengan kacang yang pun sebagai pengganti protein nabati bilamana di masing-masing hidangan menu utama anda tidak diperbanyak protein nabati, tetapi jumlah kacang dengan berat bersih tidak cukup lebih 1-2 sendok santap dan kacang pilih yang tidak digoreng.Contoh protein nabati kacang hijau,kacang tanah,kacang kedelai,tempe,tahu.protein nabati urgen untuk melengkapi protein hewani sebab berisi lemak tak bosan yang baik guna kesehaatan jantung dan kaya bakal serat. Makanan cemilan pun dimakan tidak boleh pada ketika nonton televisi dan dimakan usahakan pada ketika waktu santap selingan/pengganti snak dan cocok dengan porsi. Hindari terlambat santap dan santap tidak pada masa-masa makan. Untuk santap malam, usahakan santap 4 jam sebelum waktu istirahat malam,agar makanan tidak ditabung menjadi lemak, perbanyak santap buah dan sayur untuk menyerahkan rasa kenyang dan meminimalisir penyerapan kalori. Biasakan santap buah didahulukan sebeum makanan utama (makan buah bukan sebagai makanan penutup namun makanan pembuka).
.Karena penurunan berat badan yang dilaksanakan secara bertahap bakal memberi akibat jangka panjang..

0 komentar:

Posting Komentar