Jumat, 06 Maret 2020

tips menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.




lambung sendiri merupakan salah satu organ terpenting didalam tubuh kita, kususnya untuk sistem pencernaan. makannan yang masuk akan lansung masuk ke lambung, disimpan, dan dicerna. namun, banyak orang yang sepele akan hal tersebut.

menjaga kesehatan langbung kita merupakan suatu hal yang penting sebab lambung berfungsi sagat penting untuk sistem pencernaan. tugasnya merupakan sebagai penyimpan makanan, menyerna secara menanik dan kimiawi, serta embunuh organisme berbahaya sehingga bisa mengontrol hormon dan menjaga nutrisi yang masuk pada tubuh.

tips menjaga kesehatan lambung :

1. Jaga asupan makanan

hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menjaga asupan makanan kita. ada beberapa makan yang harus dihindari untuk lambung kita tetap sehat. contohnya saja makanan pedas, asam, serta memiliki kandungan lemak jahat.

2. kunyah makanan dengan benar

hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung kita demi kelamcaran siste pencernaan.

proses mengunyah yang benar dapat membantu kita meninggkatkan enzim yang bekerja pada pencernaan. caranya dalah makan tidak trburu-buru dan fokus terhadap makanan.

3. minum air putih yang cukup

minum air yang cukup berfungsi untuk terhidar dari dehidrasi . ini juga sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan kita.

kebutuhan rata-rata air putih perharinya adalah 8 gelas. namun ada juga yang bisa lebih. saat kamu merasa sembelit atau infesi saluran kemih merupakan kurangnya air putih setiap harinya.

4. makan tepat waktu.

waktu makan merupakan hal terpenting selain menjaga asupan makan kita. kamu harus konsisten dapat membantuu sistem pencernaan berguna dengan baik.

tidak hanya sarapan, makan siang,makan malam harus konsisten. hindari makan di sembarangan waktu dan hindari makan terlalu malam.

5. hindari konsumsi kafein.

Kandungan kafein mampu memicu produksi asam lambung. ini  yang membuat  kopi harus dihindari oleh penderita asam lambung maupun maag. Demi menjaga lambung, batasi konsumsi kafein setiap harinya, meskipun Anda tidak memiliki masalah asam lambung.

0 komentar:

Posting Komentar