Kamis, 05 Maret 2020

7 Cara Menjadi Diri Anda Sendiri


Apa yang kita rasakan saat berpura-pura menjadi orang lain? Anda barangkali merasa aneh, tidak santai, tidak bahagia, atau tidak merasakan hidup. Bukan tidak mungkin pun Anda tidak memiliki tidak sedikit teman.

Tentu saja, perasaan dan situasi tersebut berkebalikan andai Anda menjadi diri sendiri apa adanya. Sayangnya, kita merasa menjadi diri sendiri tersebut bukanlah urusan gampang. Terlebih, kita tidak tahu mesti dari mana memulainya.

Jangan khawatir. Anda dapat menjadi diri sendiri sampai-sampai Anda lebih bahagia dan lebih merasakan hidup. Untuk menolong Anda mewujudkannya, inilah 7 teknik menjadi diri sendiri yang dapat Anda coba.

1. Terima diri sendiri apa adanya
Jika Anda sekitar ini berpura-pura menjadi orang lain sebab memandang diri Anda tidak sedikit kekurangan, hentikan kini juga. Tarik nafas kita dalam-dalam, dan terima semua kelemahan tersebut sebagai unsur dari diri Anda.

Jangan mengeluh. Jangan marah. Jangan malu. Ingatlah, Tuhan membuat Anda dengan segala kehendak-Nya.Dengan menerima semua kelemahan yang dimiliki, kita jujur dan memercayai diri sendiri guna bahagia. Kalau bukan Anda, siapa yang bakal menerima diri kita sebaik Anda?

2. Kenali diri kita sendiri
Menerima segala kelemahan yang dipunyai mungkin menjadikan Anda dapat mengenali diri sendiri. Jika sebaliknya, tidak masalah. Beberapa pertanyaan di bawah ini dapat membantu kita mengenali diri sendiri:

Apa kekuatan dan kekurangan Anda?
Apa yang kita sukai dan tidak sukai?
Bagaimana teknik Anda berinteraksi dengan orang lain?
Apakah kita bahagia sebab uang?
Hidup laksana apa yang benar-benar kita inginkan?
3. Jadikan kekuatan kita sebagai identitas diri
Dari menjawab sejumlah pertanyaan di atas, besar bisa jadi Anda bakal tahu kekuatan Anda. Nah, jadikan kekuatan itu sebagai identitas diri Anda.
Sebagai contoh, andai kekuatan Anda ialah menulis, jadikan mencatat sebagai kepribadian Anda. Sampaikan untuk siapa saja bahwa Anda merasakan menulis dan hendak menjadi pengarang ternama atau menggali uang dari tulisan-tulisan Anda.

4. anda harus menjadi diri anda sendri dan memiliki pendirian.
Berpura-pura menjadi orang lain seringkali disebabkan oleh rasa cemas akan apa yang orang katakan atau pikirkan mengenai Anda. Bagi menghilangkan penyebab ini, mulai sekarang tidak boleh khawatirkan atau pusingkan apa yang bakal orang katakan atau pikirkan mengenai Anda.

Mengapa? Karena kita tidak dapat mengendalikan benak dan ucapan orang lain. Di samping itu, Anda pun tidak mungkin mengasyikkan semua orang.

Tampillah laksana yang kita inginkan. Lakukan apa yang kita sukai. Senangkan diri Anda.

5. Fokus pada sasaran Anda
Cara lain guna menjadi diri sendiri ialah berfokus pada sasaran Anda. Sebagai contoh, andai sasaran Anda ialah menjadi pengarang best-seller, fokuslah membuat kitab demi kitab yang bermanfaat untuk orang lain.

Dalam praktiknya, Anda bakal menghadapi rintangan atau hambatan. Itu normal, dan teruslah berfokus hingga sasaran kita tercapai.

6. Cintai apa yang kita kerjakan
Saat berfokus memburu sasaran, Anda dapat saja dihinggai keraguan sehingga hendak kembali menjadi laksana orang lain. Hilangkan keraguan itu dengan menyukai apa yang kita kerjakan.

Ingatlah, tidak sedikit orang yang tidak menyukai pekerjaannya. Berdasarkan keterangan dari survei yang dilaksanakan Gallup pada 2013 lalu, 70% karyawan di Amerika Serikat membenci pekerjaannya.

7. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain
Seiring berjalannya waktu, Anda bakal meraih kesuksesan, entah tersebut kesuksesan kecil maupun kesuksesan besar. Syukuri kesuksesan tersebut, dan tidak boleh bandingkan dengan kesuksesan orang lain.

Sebagai contoh, di karier kepenulisan Anda, kita baru dapat menulis 3 halaman kitab setiap hari. Syukuri urusan itu dan tidak boleh bandingkan kita dengan pengarang lain yang dalam masing-masing hari dapat menulis 30 halaman.

Mengapa? Karena andai Anda memaksa diri untuk mencatat 30 halaman masing-masing hari, Anda barangkali belum siap. Bisa jadi pun Anda tidak perlu mencatat 30 halaman masing-masing hari sebab situasi dan situasi Anda bertolak belakang dengan dia.



Menjadi diri sendiri tersebut tidaklah sulit. Cobalah mempraktikkan ketujuh tahapan sederhana di atas kini juga. Memang di tadinya Anda bakal ragu atau sulit. Namun, yakinlah, cepat atau lambat Anda bakal menjadi diri sendiri apa adanya sampai-sampai lebih bahagia dan lebih merasakan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar