Kamis, 05 Maret 2020

11 Cara Agar Selalu Bersyukur dalam Keadaan Apa Pun



Kita mendapat nikmat masing-masing hari. Sayangnya, tidak tidak banyak orang yang tak sempat bersyukur atas seluruh nikmat tersebut. Tak heran mereka tidak jarang kali merasa kekurangan, khawatir dengan masa depan, dan tidak bahagia.

Apakah kita seperti tersebut juga? Sekarang barangkali saat yang tepat untuk Anda guna lebih bersyukur. Sehingga Anda bisa menjalani hari dengan ringan, tetap ceria, dan mendapat lebih tidak sedikit rezeki.

1. Ubah Mindset
Agar dapat selalu bersyukur, teknik kesatu ialah ubah mindset (pola pikir). Kenapa? Karena pola pikir dominan  besar kesehatan jasmani dan mental.

Katakanlah kita blogger yang main Google AdSense. Penghasilan AdSense kita bulan kemudian sebesar Rp 1,5 juta. Mungkin kita memandang penghasilan tersebut kecil dan tidak mencukupi keperluan sehari-hari.Akan lebih baik bila Anda mengolah pola pikir tersebut. Contohnya inilah ini:

“Alhamdulilah, saya bisa Rp 1,5 juta bulan lalu. Uang tersebut menolong saya memberi untuk orang tua dan membeli sejumlah kebutuhan sehari-hari.”

2. Tulis Hal-hal yang Disyukuri Setiap Hari
Adakalanya tidak bersyukur tersebut karena lupa. Agar tidak tak sempat lagi, Anda dapat menulis rasa syukur masing-masing hari. Baik tersebut di kitab saku, telepon seluler, atau laptop Anda.

Sebagai contoh, Anda mencatat tiga sampai lima hal masing-masing harinya. Jika masih merepotkan, tulis saja satu urusan yang kita syukuri. Ini lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan?

Intinya, tulis saja hal-hal baik yang kita rasakan masing-masing harinya. Contohnya merupakan:

punya rekan kerja yang baik
bisa istirahat nyenyak
menghirup udara segar di pagi hari
anak-anak sehat
istri kian komunikatif
3. Yakin dengan Rezeki Masing-masing
Meyakini bahwa masing-masing orang telah mempunyai rezeki masing-masing ialah cara supaya selalu bersyukur dalam hidup. Hal ini urgen untuk menghindari rasa iri terhadap orang lain.

Sebagai contoh, Anda hendak menjadi YouTuber. Yakinlah kita punya rezeki di bidang tersebut.

4. Jangan Terlalu Sering Berandai-andai
Tidak sering mengumpamakan segala sesuatu yang tidak dipunyai atau kejadian yang tidak dirasakan dapat menciptakan Anda menjadi sosok yang rajin bersyukur. Mengapa? Karena kita tidak punya kendali bakal hal-hal yang diinginkan.

Oleh karena itu, tidak boleh ada lagi benak seandainya saya punya ini, tentu saya akan dapat begini. Ataupun pun pikiran saya dulu begitu, tentu kini saya tidak begini.

5. Terima Setiap Peristiwa dengan Positif
Menerima masing-masing momen yang terjadi, baik pahit ataupun bahagia ialah sifat qonaah yang urgen untuk kehidupan. Proses penerimaan ini pasti diiringi dengan pembelajaran memaknai pulang peristiwa tersebut. Dengan kata lain, menjadikan masing-masing peristiwa sebagai pelajaran.

Jika kita bersikap menampik yang terjadi dan tidak terima, maka kita sendiri yang bakal rugi. Hal ini sebab membuat kita terpaku di titik itu, tidak berjuang berpindah, dan hidup tak bakal melangkah ke depan.


Sebagai contoh, kita tidak lolos dalam tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Terima urusan itu dengan ikhlas dan persiapkan diri dengan lebih baik lagi guna tes CPNS yang bakal datang.

6. Kurangi Mengeluh
Ilustrasi kurangi mengeluh
Hal beda yang perlu dilaksanakan sebagai cara supaya selalu bersyukur ialah dengan meminimalisir mengeluh.


Sebagai pencegah dari mengeluh, biasakan guna berterima kasih atas kehidupan ini atau bersikap thankful. Di samping berterima kasih pada kehidupan dan Tuhan atas seluruh berkat, berterima kasih untuk diri sendiri pun adalahhal yang penting.

Diri sendiri ialah teman seperjuangan sampai-sampai Anda bisa kuat melangkah sejauh ini. Kemudian berterima kasihlah untuk keluarga, kawan ataupun sejawat untuk menyebarkan lingkungan yang lebih positif.

Baca juga: surabaya.indonesiantechnology.net
7. Tidak Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain
Melihat orang yang lebih berhasil atas pencapaian mereka memang dapat menciptakan Anda termotivasi guna dapat mengerjakan sukses yang serupa. Mempelajari teknik mereka sampai gaya hidup bisa menjadi sumber latihan dan ilham untuk kita yang memang mempunyai goal yang serupa.

Tapi bagaimana andai Anda mulai mencocokkan kehidupan orang beda dengan apa yang tidak dapat Anda miliki? Semisal saat Anda scrolling media sosial rekan yang tampak lebih berhasil lalu mulai mencocokkan pencapaian kita sekarang. Lalu saat sosmed diblokir Anda mengutuk dan menyalahkan usaha kita yang lamban?

Itulah yang mesti dikurangi. Jangan terlampau sering mencocokkan diri dengan orang beda dengan teknik yang tidak tepat. Di samping menjauhkan syukur, urusan ini bisa membuat situasi mental menjadi tidak sehat dan berujung depresi.

8. Lakukan Kegiatan Sosial
Menjadi seorang relawan atau volunteer untuk pekerjaan sosial bakal membuka tidak sedikit pintu sebagai jalan masuk rasa syukur. Banyak melakukan pekerjaan sosial akan menolong Anda bertemu tidak sedikit orang, bersosialisasi dan membuka wawasan tentang kehidupan.

Memiliki keterhubungan dengan tidak sedikit orang dapat meminimalisir stress, rasa khawatir serta kemarahan. Di samping itu, kita dapat mengejar kembali arti hidup, semangat yang baru serta gagasan kreativitas lain.




9. Sesekali Melihat ke Bawah
Berbagi kebahagiaan dengan sering menyaksikan ke orang beda yang membutuhkan pun adalahcara supaya selalu bersyukur dan lebih menerima kehidupan kita. Kebahagiaan dan rasa syukur orang yang kita tolong ini secara tidak langsung bakal menular pada kita.

Selain tersebut amati pun orang-orang yang tetap bekerja dan berusaha untuk hidup dalam keterbatasan. Apalagi yang akan menciptakan kita –seperti dengan kelengkapan anggota tubuh, kesehatan dan pelajaran yang dimiliki– masih merasa tidak cukup da tidak mensyukuri nikmat ini?

10. Lakukan Me Time
Melakukan me time secara rutin pun dapat menjadi momen guna refreshing, refleksi dan evaluasi. Anda bisa rehat sejenak dan melakukan kegemaran yang digemari untuk kualitas me time. Bisa pun melakukan traveling ke lokasi baru supaya mendapat keadaan baru.

Melakukan suatu perjalanan atau traveling bisa membuka pikiran, sudut pandang atau mata hati Anda. Dengan traveling Anda pun dapat mengejar kehidupan beda yang bertolak belakang dari lingkungan sekitar. Biasanya sejumlah hal di luar sana akan menciptakan Anda semakin mensyukuri kehidupan yang telah Anda capai ketika ini.

Baca juga:
11. Tingkatkan Iman
Beribadah dan menjalin kedekatan hubungan dengan Tuhan Sang Pemilik Rezeki dan Maha Menenangkan Hati ialah salah satu penyelesaian untuk tetap bersyukur. Sering-sering berterimakasih kepada-Nya akan membudayakan Anda guna bersyukur.

Hal-hal yang tampak sepele seperti dapat ‘ke belakang’ masing-masing hari saja ialah hal yang patut disyukuri. Coba amati, tentu ada orang beda yang mesti diasuh di Rumah Sakit sebab tidak bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Penutup
Itulah tadi 11 cara supaya selalu bersyukur yang bisa Anda kerjakan sehari-hari. Tak melulu melulu soal materi, kebahagiaan, kesehatan, kebajikan orang lain sampai negara yang aman juga sejumlah hal yang patut disyukuri.

0 komentar:

Posting Komentar