Selasa, 03 Maret 2020

Ada 10 tips menjaga kesehatan mata



Pentingnya Kesehatan Mata
Perawatan mata paling perlu dilakukan. Cara mengawal kesehatan mata mesti dicerna dan dipraktikan oleh masing-masing orang baik yang mempunyai permasalahan mata maupun yang melulu sekadar mengasuh kesehatan mata.

Dari sekian banyaknya aktivitas, mata tidak jarang kali kita gunakan. Maka perlu dilaksanakan perawatan khusus. Banyak teknik merawat mata dengan baik. Tapi yang terpenting ialah membuat mata anda sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti ketika kita sedang tidur.

Coba anda bayangkan, setiap ketika kita bekerja berjam-jam di depan komputer, atau menyaksikan televisi, menyimak buku, dan tidak sedikit sekali kegiatan lainnya. Kita tidak menyadari alangkah beratnya mata kita sudah bekerja.

Mata adalahbagian terpenting dari panca indera. Meski kita cukup tidak sedikit waktu guna tidak menyaksikan televisi, tidak membaca kitab atau tidak berlama-lama di depan komputer tetap saja mata kita perlu istirahat.

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Berikut ini ialah berbagai upaya mengawal kesehatan mata supaya selalu sehat dan tidak memperparah keterampilan penglihatan seseorang yang sudah merasakan rabun.

1. hindari melihat objek dengan jarak dekat
Cara mengawal kesehatan mata yang kesatu ialah jangan terlampau dekat saat menonton televisi, main game atau menyimak buku. Nonton tv layar lebar memang lebih asyik, namun lebih tidak menyehatkan terutama untuk mata anak-anak. Anak yang tidak jarang nonton tv terlampau dekat, matanya paling berisiko merasakan minus saat anak tumbuh dewasa. Jarak aman untuk menyaksikan tv selama 2 meter guna tv ukuran 14 inchi. Bagi layar lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh.

Sebaiknya pakai tv layar kecil guna hiburan keluarga. Hal ini berlaku pun ketika anak bermain game, PlayStation atau yang lainnya. jangan membaca dengan jarak dekat karena mata bisa rusak , dan jangan membaca smbil tidur.

2. Cara mengasuh mata dengan baik ialah mengurangi pemakaian gadget
jangan terlalu lama di hadapan komputer,hp,tv. Jika kegiatan Anda memang memakai komputer seharian, usahakan teratur beristirahat dengan menjauh dari layar komputer, contohnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalan sebentar sekitar 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan.

Cara mengasuh mata dapat menggunakan monitor LCD (liquid crystal display) pada komputer Anda, pemakaian layar LCD ingin lebih nyaman dan tidak cepat lelah untuk mata dibanding andai menggunakan monitor CRT (cathode ray tube). Setting refresh rate yang tinggi pada monitor Anda.

hindari melihat tv terlalu lama. Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan ingin berisiko lebih banyak mengalami mata minus.

3. Hindari menggosok mata dengan kasar
Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan dapat mengawal kesehatan mata Anda. Ketika mata kita terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis Anda bakal menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan urusan ini secara hati-hati, tidak boleh terlalu kasar dan berlebihan.

4. Mengenakan kacamata dan pencegah debu
Ketika kita beraktivitas di luar ruangan, contohnya di jalan raya atau di lokasi pabrik, usahakan memakai pelindung mata laksana kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena dapat membuat mata menjadi infeksi dan menciptakan mata merasakan gangguan penglihatan.

Menggunakan kacamata tidak saja untuk gaya saja, tapi berfungsi untuk kesehatan mata dengan mencegah sinar ultraviolet (UV). Sinar UV ialah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan dampak gangguan di pusat retina.

Penggunaan kacamata dengan lensa gelap dapat menyaring sinar UV sampai 100 persen ketika berada di luar ruangan. Jika tidak terdapat kacamata, dapat juga dengan memakai topi untuk meminimalisir paparan sinar UV.

5. Cukupi asupan Vitamin A
Mengonsumsi makanan yang tidak sedikit berisi vitamin A. Mata kita perlu dipertahankan kesehatannya, antara beda dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berisi tidak sedikit vitamin A. makanan yang mengandung beta karotein dapat menjaga mata anda menjasdi sehat. Senyawa ini juga dapat ditemukan pada labu kuning.

6. Makan sayuran hijau
Melakukan perawatan mata dengan baik dan alami ialah mengonsumsi sayuran yang mempunyai daun hijau tua laksana bayam, brokoli atau sayuran beda berisi lutein dan zeaxanthin, yakni dua jenis karotenoid harus sering makan sayur sayuran supaya anda terbebas dari katarak dan penyakit mata lainnya.

7. Cukupi asupan antioksidan
Upaya mengawal kesehatan mata yang berikutnya ialah mengonsumsi antioksidan. Makanan laksana berry, jeruk, plum dan ceri dapat menolong meminimalkan kehancuran yang disebabkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar UV dan polusi), serta meminimalisir risiko pengerasan lensa yang dapat merangsang katarak. Jadi, konsumsilah makanan yang berisi antioksidan minimal 2 porsi dalam sehari.

8. Mengonsumsi asam lemak omega-3
Tips mengawal kesehatan mata juga dapat mengonsumsi makanan yang berisi omega-3. Bukti mengindikasikan bahwa asam lemak omega-3 dari ikan tertentu laksana salmon, halibut dan tuna dapat melindungi drainase air mata, mengayomi lensa, meminimalkan mata kering dan menangkal katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan meminimalisir daging merah, sebab diduga dapat meningkatkan risiko gangguan mata di umur tua.

9. Mengonsumsi multivitamin guna perawatan mata
Tips perawatan mata berikutnya dengan mempertimbangkan guna mengonsumsi multivitamin. jika diprelukan konsumsi vitamin juga tidak papa demi menjaga kesehatan mata anda. National Eye Institute mengindikasikan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng dapat memperlambat pertumbuhan penurunan penglihatan dampak gangguan di pusat retina dan katarak.

10. Kontrol gula darah sampai kadar kolesterol
Kontrol gula darah, desakan darah, dan kadar kolesterol kita adalahupaya mengawal kesehatan mata yang bisa Anda lakukan. Menjaga kadar glukosa darah, desakan darah dan kolesterol kita rendah dapat menolong menjaga mata dan semua tubuh kita tetap sehat.

Itulah tips mengawal kesehatan mata yang dapat Anda praktikkan di sehari-hari Anda, Teman Sehat. Selamat Mencoba!

Bila telah menjalani sejumlah cara mengawal kesehatan mata di atas, tetapi kesehatan mata kita masih tetap sama atau suasana semakin memburuk, segera periksakan situasi mata kita dengan Dokter.

0 komentar:

Posting Komentar