Rabu, 04 Maret 2020

pertolongan pertama yang harus kita lakukan jika terkena DBD



Cara terbaik pasti pergi ke dokter.

Guna memperkuat diagnosa, dokter seringkali akan menunjukkan pasien untuk mengerjakan tes darah. Dari misal (sample) darah pasien ini akan gampang ditemukan jenis penyakitnya. Seorang pasien ditetapkan terserang DBD bilamana hasil pengecekan tes darah termasuk daalam kriteria sebagai berikut:

Terjadi pengentalan darah atau dinamakan hemokonsentrasi. Ini terjadi karena perembesan plasma, dengan nilai Hct (Hematokrit) berkisar antara 20% ketika normal
Trombosit di bawah 150.000/milimeter kubik, dengan angka normal yang berkisar 150.000-450.000/milimeter kubik. Kondisi ini dikenal dengan istilah trombositopenia
Di fase mula penyakit DBD ini menyerang, tidak sedikit literatur melafalkan bahwa demam ini memang dapat sembuh dengan kiat perawatan di rumah. Ini ialah masa saat masih belum menginjak tahapan stadium kesatu atau berubah dari demam dengue menjadi dengue dan DSS. Di fase mula atau ringan dapat melakukan perawatan sendiri, seperti:


  • Istirahat yang cukup
  • Konsumsi parasetamol dan acetaminophen cocok dosisnya guna meredakan demam dan nyeri
  • Hindari kegiatan yang berat sampai kondisi benar-benar pulih
  • Konsumsi tidak sedikit air mineral untuk menangkal dehidrasi, sebab suhu tubuh tinggi dan muntah
  • Umumnya dokter tidak mengizinkan konsumsi obatan-obatan laksana ibuprofen, naproxen sodium, pun aspirin karena dapat memicu pendarahan di dalam.

0 komentar:

Posting Komentar