Jumat, 13 Maret 2020

Manfaat berjemur dibawa sinar matahari









1. Produksi Peningkatan vitamin D
Paparan sinar matahari di pagi hari akan merangsang produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D dibutuhkan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam usus, sehingga dapat menguatkan tulang, gigi dan otot.

Tidak hanya itu, vitamin D juga membantu mencegah  berbagai penyakit, seperti rakhitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, dan multiple sclerosis.

2. merangsang sistem kekebalan tubuh
Sinar matahari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat terkena sinar matahari, tubuh akan memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih berperan penting dalam melawan berbagai agen infeksi.

3. Meningkatkan kualitas tidur
Paparan sinar matahari di pagi hari dapat merangsang produksi melatonin, hormon dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang membantu menjaga siklus tidur. Jika kadar melatonin dalam darah rendah, siklus tidur Anda dapat terganggu.

4. Mengatasi penyakit kulit
Paparan sinar matahari pagi juga diyakini bermanfaat untuk membantu memecahkan berbagai kondisi kulit mulai dari jerawat, eksim, psoriasis ke atas.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda tentang aturan dan waktu durasi kostum berjemur kulit Anda.

5. Mencegah Depresi
Paparan sinar matahari di pagi hari juga dapat mencegah Anda dari depresi. Kurangnya paparan sinar matahari dapat mengurangi tingkat serotonin dalam tubuh, sehingga lebih mudah untuk depresi.

6. Mengurangi risiko kanker
Berlebihan paparan sinar matahari memang bisa menyebabkan kanker kulit. Namun, jumlah yang tepat, paparan sinar matahari, dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar, dan limfoma (a limfoma Hodgkin).

Untuk mendapatkan manfaat dari paparan sinar matahari di atas dengan risiko rendah efek samping, disarankan untuk berjemur sebelum 10:00 untuk menghindari bahaya ultraviolet sinar (UV). Rendam selama 5-15 menit, 2-3 kali seminggu. Jika perlu, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit terhadap sinar UV.

Paparan sinar matahari di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, tetapi terlalu banyak sinar matahari juga bisa berbahaya bagi kulit. Pastikan Anda berjemur pada waktu yang tepat dan tidak berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar