Kamis, 12 Maret 2020

Bahaya Mengunyah Es Batu



Bahaya makan Es Batu
Bagian tubuh yang dapat terganggu karena kebiasaan makan es batu yang Anda gigi. Gigi adalah bagian terkuat dari tubuh, tetapi tidak menghancurkan atau menengah es batu hari mengunyah aman untuk gigi Anda.

Makan es berlebihan dapat mengikis enamel atau lapisan pelindung. enamel gigi tipis yang dapat menyebabkan gigi sensitif sehingga gigi mudah sakit dan nyeri.
Selain itu, masalah lain terlalu sering mengkonsumsi es batu juga terkait dengan pengolahan dan penyimpanan es yang kurang bersih atau higienis.

Jika es batu yang dikonsumsi tidak murni, penularan dapat terjadi berbagai kuman, virus dan parasit membawa penyakit seperti gastroenteritis atau diare, demam tifoid, shigellosis, hepatitis A, dan kolera.
Oleh karena itu, jika Anda ingin makan es batu, pastikan es dibuat menggunakan air yang bersih dan higienis disimpan atau diproduksi.

Makan Ice Cube bisa menjadi tanda penyakit
Juga karena kebiasaan, suka makan es batu juga bisa menjadi tanda seseorang menderita anemia defisiensi besi. Ada teori yang menyatakah makan es dapat meningkatkan suplai darah otak, sehingga gejala yang dirasakan orang yang menderita anemia berkurang.

Itu sebabnya banyak orang dengan jenis cinta anemia untuk makan es batu, baik secara sadar atau tidak sadar.
Jika Anda sering makan es batu dan gejala anemia defisiensi besi, kuku rapuh mudah, mulut kering, kulit pucat, dan pembengkakan lidah, segera konsultasikan dengan dokter.
Tanpa perawatan yang tepat, anemia, kekurangan zat besi dapat menyebabkan komplikasi seperti:

Di gangguan jantung
Ketika anemia kekurangan zat besi, oksigen dalam darah berkurang. Akibatnya, jantung harus memompa darah lebih cepat dari begitu biasa bahwa kebutuhan oksigen dari organ-organ tubuh terpenuhi.

jantung abnormal terlalu cepat atau dari waktu ke waktu dapat menyebabkan hati membesar, atau gagal jantung bahkan.

Retardasi pertumbuhan

Note:
Pada bayi dan anak-anak, anemia, kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan. Selain itu, kondisi ini juga dapat membuat anak lebih rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuh mereka melemah.

masalah kehamilan
Wanita hamil dengan anemia defisiensi besi pada risiko tinggi kelahiran prematur dan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Jika Anda hamil, pastikan untuk memeriksa konten secara teratur.
Selain kemungkinan anemia kekurangan zat besi, suka makan es batu juga bisa disebabkan oleh masalah psikologis yang disebut pica. Pica adalah suatu kondisi di mana seseorang suka makan sesuatu yang tidak alami, seperti tanah, kertas, puntung rokok, kapur, koin, sampai batu kelebihan es.


Note:
Ingin Berhenti mengkonsumsi es batu
Penanganan kebiasaan makan es batu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika kebiasaan ini disebabkan anemia kekurangan zat besi, pengobatan mungkin dengan mengonsumsi makanan yang mengandung suplemen zat besi atau bila diperlukan.

Note:

Namun, penggunaan suplemen zat besi harus dengan resep dan pengawasan dokter. Jika dosis terlalu tinggi, Anda mungkin memiliki konsumsi berlebihan zat besi tidak baik untuk kesehatan.
Sementara itu, ketika kebiasaan makan es yang disebabkan oleh pica, penanganan dapat dengan psikoterapi atau antipsikotik jika gejala yang berhubungan dengan gangguan psikotik.

Namun, semua orang yang suka makan es batu menunjukkan bahwa mereka memiliki masalah kesehatan tertentu. Dalam kebanyakan kasus, makan es batu yang dibuat untuk menyegarkan dan mendinginkan tubuh saat cuaca panas.

Note:

Note:
Namun, jika kebiasaan makan es dengan gejala penyakit lain, seperti anemia kekurangan zat besi atau pica, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter sebelum mereka bisa mendapatkan keuntungan dari pengobatan.
Note:

0 komentar:

Posting Komentar