Senin, 09 Maret 2020

fakta menarik kota riau



Kepulauan Riau (disingkat Kepri) adalah sebuah provinsi Indonesia. Provinsi ini diklasifikasikan sebagai provinsi kepulauan di Indonesia.

Secara umum, Kabupaten Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota, 52 kecamatan dan 299 desa / kota dengan 2.408 pulau besar dan kecil yang 30% belum bernama, dan padat penduduknya. Total luas 8,201.72 kilometer persegi, lebih dari 96% adalahlautan, dan hanya sekitar 4% dari tanah.
Asal usul nama berasal dari nama Riau Riau. Riau konon kata berarti "berisik" ramai. Hal ini karena mantan Kepulauan Riau wilayah perdagangan adalahpusat dan orang banyak. Kemudian, nama ini dikembangkan dengan menggunakan nama Kesultanan Lingga. Selama era kolonial, katanya Riau ditulis "Riouw" sesuai dengan ejaan Belanda # diftong.

Setelah proklamasi kemerdekaan, Kecamatan Riau (Kepulauan Riau saat ini) dibulatkan ke Kesultanan Siak kabupaten di daratan Sumatera. Sebelumnya hal ini karena Crush gerakan Malaysia dilaksanakan untuk memfasilitasi hubungan pulau Sumatera ke distrik daratan.

Namun, seiring waktu, nama yang digunakan oleh Kesultanan Riau di Kabupaten Sumatera benua Siak, Kepulauan Riau sementara dipisahkan. Kata itu ditambahkan sebelum kata Kepulauan Riau karena sebagian besar kabupaten laut atau kepulauan.

Asal usul nama Riau juga memanfaatkan kontroversi budaya dan Kepulauan Riau Riau. Kedua belah pihak menilai bahwa nama ini berasal dari provinsi Riau masing-masing dengan versi yang berbeda dari cerita.

0 komentar:

Posting Komentar