Jumat, 06 Maret 2020

cara mengatasi pola hidup konsumtif



Sering kali orang-orang memiliki perilaku boros atau konsumtif. Apakah kita salah satunya? Berperilaku konsumtif bukanlah sikap yang baik, lagipula dalam masalah keuangan.

Keinginan guna terus melakukan pembelian barang akan membahayakan kondisi finansial Anda. Jika kita tidak menghilangkan perilaku konsumtif itu maka Anda bakal mengalami kendala ekonomi atau bahkan dapat saja Anda justeru terlilit utang.

Lantas bagaimana teknik menghilang kelaziman boros atau konsumtif tersebut? Berikut terdapat 4 tips bagaimana teknik menghilangkan perilaku konsumtif

1. Berpikir Realistis
Jika Anda melakukan pembelian barang yang didasarkan pada kemauan tanpa mengetahui betul apa kebutuhannya, tersebut adalahperilaku konsumtif.

Membeli barang melulu menurut hasrat atau kemauan tanpa tidak tahu kebutuhannya akan menguras uang Anda. Jika hendak membeli barang usahakan pikirkan terlebih dahulu apakah barang itu merupakan keperluan Anda atau tidak.

2. Tetapkan Prioritas
Jika terdapat penawaran dagangan baru dan sebagainya, tidak boleh telalu cepat menyimpulkan untuk membelinya. Utamakan untuk menerbitkan uang guna hal yang menjadi prioritas Anda.

Misalnya saja terdapat penawaran handphone terbaru, namun Anda masih punya angsuran rumah yang belum ditunaikan dan handphone kita masih dalam situasi bagus. Anda mesti prioritaskan urusan - urusan yang kita perlukan saja.

3. Ubah Pola pikir
Ubahlah pola pikir kita terhadap barang guna menjadikannya sebagai sesuatu urusan untuk meningkatkan gengsi. Sebab pada akhirnya, kedudukan sosial yang kita dapatkan adalahdari tingkah laku dan pemikiran Anda.

Bicara soal kepuasan, hendaklah memikirkan yang sebetulnya menjadi prioritas, laksana pelunasan utang-utang serta menyimpan uang untuk garansi kesehatan dan hari tua kita kelak.

4. Berpikirlah dengan Jernih Sebelum Memutuskan
Sebaiknya Anda tidak boleh terburu-buru dalam menyimpulkan untuk melakukan pembelian suatu barang. Pikirkan apa manfaat barang tersebut cocok dengan keperluan Anda atau tidak.

Jangan hingga begitu Anda telah membelinya justeru Anda merasa menyesal nantinya. Itulah sejumlah hal yang dapat Anda kerjakan untuk menghilangkan perilaku konsumtif pada diri kita yang pasti akan paling merugikan untuk keuangan kita kelak. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar