Senin, 02 Maret 2020

5 Cara efektif agar terhindar dari virus corona

Virus Corona sudah menyerang ribuan orang di sekian banyak  negara dan menelan ratusan korban jiwa. Agar tidak terpapar penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menangkal penularan coronavirus.

Penyebab dari wabah ini ialah coronavirus jenis baru yang dinamakan dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini tergolong dalam kelompok virus yang sama dengan virus penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle-East respiratory syndrome (MERS).


1. Mencuci tangan dengan benar


Mencuci tangan dengan benar ialah cara sangat sederhana tetapi efektif untuk menangkal penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, paling tidak sekitar 20 detik. Pastikan semua bagian tangan tercuci sampai bersih, tergolong punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Jika sulit mengejar air dan sabun, Anda dapat membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol paling tidak 60% supaya lebih efektif memberantas kuman.

Cucilah tangan secara teratur, khususnya sebelum dan sesudah makan, setelah memakai toilet, sesudah menyentuh hewan, melemparkan sampah, serta sesudah batuk atau bersin.

2. Menggunakan masker ketika beraktivitas


Ada dua tipe masker yang dapat Anda dipakai untuk menangkal penularan virus Corona, yakni masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask adalahmasker sekali gunakan yang umum digunakan. Masker ini gampang ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga tidak sedikit orang yang memakai masker ini ketika beraktivitas sehari-hari.

Cara gunakan masker bedah yang benar ialah sisi berwarna pada masker mesti menghadap ke luar, sedangkan sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih tercipta dari material yang bisa menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif menangkal paparan kuman, tetapi pemakaian masker ini tetap dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, tergolong infeksi virus Corona.

Sedangkan masker N95 ialah jenis masker yang dirancang khusus guna menyaring partikel riskan di udara. Jenis masker berikut yang sebetulnya lebih direkomendasikan untuk menangkal infeksi virus Corona. Meski demikian, masker ini tidak cukup nyaman guna dikenakan keseharian dan harganya juga relatif mahal.

Ketika mencungkil masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh unsur depan masker, karena bagian tersebut sarat dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, supaya tangan bersih dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh


Daya tahan tubuh yang powerful dapat menangkal munculnya sekian banyak  macam penyakit. Untuk mengawal dan menambah daya tahan tubuh, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, laksana sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, laksana telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Di samping itu, teratur berolahraga, istirahat yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh supaya terhindar dari penularan virus Corona.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit


Tidak melulu Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini pun sudah mewabah ke sejumlah negara lain, laksana Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona pun sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, laksana Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Agar tidak tertular virus ini, Anda dianjurkan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang telah memiliki permasalahan infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi tempat penyebaran coronavirus.

5. Tidak mengonsumsi fauna yang berpotensi menularkan coronavirus


Coronavirus jenis baru diperkirakan kuat berasal dari hewan-hewan tertentu, laksana kelelawar, unta, dan kucing. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi hewan-hewan tersebut.

Jika hendak mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan itu sudah dibersihkan dan dimasak sampai benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang telah tidak segar lagi atau tidak layak konsumsi.

Bila kita mengalami fenomena flu, laksana batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, lagipula bila dalam 2 minggu terakhir kita bepergian ke Tiongkok atau negara-negara beda yang telah memiliki permasalahan infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter supaya dapat dijamin penyebabnya dan diserahkan penanganan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar