Senin, 02 Maret 2020

cara menghafal dengan cepat



terkadang kemampuan menghafal seseorang itu sangatlah berbeda. menghafal dengan baik adalah salah satu impian setiap orang, karena menghafal sangat dibutuhkan di sejumlah aspek seperti dikehidupan sehari-hari baik itu dalam urusan pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. tapi, sering kita dihadapkan dengan situasi dimana kita sulit untuk mengingat sesuatu tersebut.

menghafal sendiri berguna untuk meningkatkan kemampuan kita. dengan menghafal dapat membantu seseorang mudah memahami pelajaran dengan optimal. sedangkan untuk yang sudah bekerja, menghafal dapat menambah performa di kantor.

berikut tips menghafal dengan cepat:
1. Mencatat Kata Kunci dan Poin-poinnya.

cara pertama yang kita lakukan untk mudah menghafal adalah dengan cara mencatat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi. dengan demikian kita dapat mencatatnya di handphone kita atau di notes.

namun, peneliti yang bernama WASINGTON UNIVERSITY, mengatakan bahwa seseorang yang memcatat dengan menggukan tulisan tangan memiliki manfaat menghasilkan daya ingat yang lebih baik.

2. Memcatatnya dan Membacanya Berulang Kali.

setelah kamu mencatatnya lalu kamu simpang,terkadang kamu harus meluangkan waktumu untuk membaca cacatan tersebut berulang kali.
agar cara menghafalmu cepat dengan hasil yang maksimal. carilah suasanya yang membuatmu nyaman untuk membacanya sehingga kamu menghafal dengan rileks sehingga dampaknya baik untuk meningkatkan daya ingat kamu.

3. buat sesi tanya jawab.

setelah kamu membaca dan menulis , cobalah kamu buat sesi pertanyaan mengenai apa yang telah kamu tulis dan kamu hafal tersebut. cara in adalah cara terefektif untuk membantu untuk menasai materi yang dipelajari.

4. menghafal bersama

jika masih merasa kesulitan untuk berhafal, coba untuk membentuk suatu kelompok untuk belajar. cara ini dapat memuahkan kita dalam menghafal.

kelompok belajar dengan suasana yang menyenangkan merupakan cara ampuh untuk mempermudah kita menghafal.

5. teknik 'jembatan keledai'

teknik 'jembatan keledai' merupakan teknik menghafal cepat yang patut ita diterapkan. dalam teknik tersebut menghasilkan proses menghafal yang menyensngkan sehingga kita bisa mengingat dengan cepat.

6. fokus pada satu per satu materi

yang ahrus kamub lakukan dalam menghafal adalah fokus terhadap satu materi terlebih dahulu. setelah benar-benar hafal, barulah kamu bisa pindah untk mengahafal materi selanjutnya.

7. buat cerita.

cara menghafal dengan cara membuat cerita merupakan suatu kreativitas yang membuatnya terasa berbeda. membuat kata yang ingin dihafal sebagai cerita merupakan efektif agar ,mudah diterima di memori otak.

kamu dapat mengurutkan kata-katanya kemudian tambahkan sedikit kata penghubung serta rangkailah menjadi sebuah cerita pendek.

8. evaluasi

otak akan lebih cepat mengingat sesuatu yang visual. kamu bisa menerapkan itu agar mudah dalam menghalnya.

9. makan makanan yang bergizi

kemampuan menghafal seseorang tergantung paa kesehatan otak . sehingga konsumsilah makanan yang bergizi dengan kaya nutrisi dan vitamin.

10. istirahat yang cukup

nah, yang terpenting adalah istirahatlah yang cukup, karena otak juga perlu istirahat aga fungsinya bisa optimal. istirahat yang cukup bagus untuk menjaga kesehatan otak kita.   

0 komentar:

Posting Komentar