Selasa, 03 Maret 2020

Perkembangan Komputer



komputer

Komputer adalah alat yang seringkali dipergunakan untuk mengubah data menurut aturan baku yang telah ditentukan. Sebuah komputer pun memiliki pengertian perangkat elektronik yang memiliki sejumlah komponen yang berkolaborasi dan menyusun satu sistem. Sehingga suatu sistem komputer bisa menjalankan beragam program.
Secara bahasa, komputer berasal dari bahasa Yunani, yakni computare. Kata computare itu merupakan campuran dari kata com yang berarti menggabungkan dan putare yang dengan kata lain memikirkan perhitungan. Sedangkan dalam bahasa inggris, computare dinamakan dengan to compute atau menghitung.

Fungsi Komputer
komputer mempunyai 4 kegunaan utama yang telah ada pada poin definisi di atas. adalah untuk menerima input, memproses input, dan serta untuk menyajikan output.
Input adalahsalah satu faedah komputer yang bermanfaat untuk menerima data maupun informasi dari luar. Processing merupakan faedah yang bermanfaat untuk memproses data-data yang masuk dan bakal tersimpan ke kenangan internal. Sedangkan faedah output ialah menampilkan data yang telah dimasukkan dan dapat Anda lihat hasilnya.

Perkembangan Komputer

Sejarah pertumbuhan dari generasi komputer dari dulu, mulai dari komputer generasi kesatu, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, sampai kini generasi kini ini, telah terbagi menjadi 5 kali, pertumbuhan atau generasi komputer.

Sejarah komputer generasi kesatu yakni digital elektronik atau dapat di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Merupakan di antara yang dipakai sebagai keperluan umum.

Komputer generasi kedua sudah menggantikan posisi bahasa mesin dengan bahasa assembly. Dan Bahasa assembly ialah bahasa yang memakai singakatan sebagai pengganti kode biner.

Dalam sejarah generasi ketiga dari teknologi komputer berikut sirkuit terpadu (IC) menjadi salah satu fitur utama. Karena memulai asing dan tidak digunakan pada peralatan komputer untuk generasi sekarang.

Komputer- komputer generasi keempat diantaranya ialah Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang sudah memakai prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Sejarah pertumbuhan komputer generasi kelima adalah komputer, yang kita pakai pada kini ini. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration).

0 komentar:

Posting Komentar