Rabu, 04 Maret 2020

masalah akibat kesehatan akibat merokok





berikut adalah masalah kesehatan yang dialami pada tubuh seorang perokok. rokok sendiri mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang bisa dikatakan berbahaya bagi tubuh.

nikotin dapat memnyebabkan adiksi atau kecanduan. semakin banyak yang dibakar, akan semakin banyakl pula tingkat kencanduan kita terhadap nikotin itu sendiri. dan setelah itu beresko banyak penyekit yang sudah mengintai kita.

rokok itu tidak hanya berbahaya untuk si perokok saja, asap dari rokok itu juga dapat menyebabkan penyakit terhadap perokok pasif.

dibawah ini merupakan masalah kesehatan akibat merokok :

1. kangker

kurang lebih 60 bahan kimia yang terkandung di dalam rokok yang sifatnya menyebabkan kangker. asapnya sendiri dapat meningklatkan radikal bebas di dalam tubuh manusia sehingga dapat membuat pertumbuhan sel terganggu.

penyakitnya sendiri mulai dari kangker paru-paru, kangker usus, kangker mulut, sampai kangker pita suara.

2. penyakit paru obstruktif kronik

penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi di dalam pernapasan yang kronik.
baik untuk perokok pasif atau aktif juga dapat beresiko mengalami gangguan pernapasan kronik, asma, bronkitis, hingan tuberkolosis.

3. jantung

sebagian pasien berpenyakit jantung koroner atau yang pernah terjadi serangan jantung  merupakan seorang perokok. rokok juga mengandung zat beracun yang menyebabkan kerusakan-kerusakan pada struktur otot  jantung dan pembulu darah pada jantung.

 nikotin merupakan aktor utama yang menyebabkan menumpuknya plak pada pembulu darah yang dapat menyebabkan penyekit jantung koroner.


4. stroke

nikotin pada rokok bisa merusak bagian pembulu darah termasuk yang diotak. aliran darah ke otak dapat terganggu akibat dari tersumbatnyapembuluh darah pada otak. nah, perokok mempunyai resiko lebih tinggi untuk penyakit stroke.

5. kulit keriput.

kebiasaan seorang perokok dapat menimbulkan masalah kegiatan. radikal bebas dapat membuat kulit si perokok mudah keriput, kusam, dan kering. sehingga proses penuaan semakin cepat.

6. hipertensi

nikotin dalam rokok bisa menyebabkan pembulu darah menyepit dan penumpukan plak. sehingga membuat jantung lebih berat memompa sehingga memicu hipertensi atau yang sering disebut darah tinggi. sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit sehingga tekanan darah sering tidak terkontrol.

7. diabetes
Asap rokok mengandung radikal bebas yang dapat mengganggu tindakan insulin yang diproduksi oleh pankreas. tubuh juga mbutuh insulin untuk glukosa dikonversi untuk dijadikan energi. Tanpa adanya  insulin, gula akan tetap berada di dalam darah yang dapat menyebabkan gula darah tinggi. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe ke dua.

8. gangguan kehamilan dan janin

Merokok sangatlah berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Wanita hamil yang merokok atau terpapar asap dapat menghambat pertumbuhan bayi karena nikotin dapat memblokir pasokan nutrisi dan oksigen ke bayi melalui plasenta. Perokok Wanita hamil juga berisiko memiliki bayi dengan berat badan rendah dan penyakit lainnya. Selain itu, wanita perokok juga berisiko infertilitas atau kemandulan.

9. Disfungsi ereksi

Berbahaya asap konten rokok tidak hanya aliran darah menghambat ke jantung dan otak, tetapi juga ke organ vital, yaitu penis. Penghambatan aliran darah ke penis dapat menyebabkan disfungsi ereksi atau ketika seorang pria tidak dapat mencapai atau mempertahankan ereksi. Kebiasaan merokok juga dapat menurunkan kualitas sperma pria menjadi masalah faktor ketidaksuburan.

0 komentar:

Posting Komentar