Jumat, 28 Februari 2020

5 Fakta menarik kota bandung yang belum kamu ketahui


1. Arti Kata Kota Badung 
Bandung berasal dari kata “bending” atau “bendungan” sebab terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Parahuyang lalu menyusun telaga. Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung pun berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yang adalahkalimat sakral dan luhur sebab berisi nilai doktrin Sunda.
2. Letak Geografis
Secara geografis Kota Bandung terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Barat yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga format morfologi wilayahnya laksana sebuah mangkok raksasa. Kota ini berada pada elevasi ±768 m di atas permukaan laut yang mempunyai iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 °C.
3. Luas Kota Bandung
Kota Bandung mempunyai luas 167,7 Km2 yang terdiri dari 30 Kecamatan dan 153 Kelurahan dan dihuni oleh warga sebanyak 2.390.120 jiwa di mana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda, sementara etnis Jawa adalahpenduduk minoritas terbesar di kota ini dikomparasikan etnis lainnya.
4. Kota Bandung 
Kota Bandung adalah kota kesatu di Indonesia yang menegakkan sebuah Perguruan Tinggi Teknik yakni Technische Hoogeschool te Bandoeng - TH Bandung atau kini dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung - ITB. Dan sampai saat ini tercatat sejumlah 130 Perguruan Tinggi yang terdapat di Bandung.
5. Sejarah Kota Bandung
Kota Bandung pernah menjadi lokasi berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955 yaitu sebuah pertemuan yang mendengungkan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya menuliskan bahwa Bandung ialah ibu kotanya Asia-Afrika.

0 komentar:

Posting Komentar