Senin, 24 Februari 2020

Tumbuhan Obat sakit gigi

Sakit gigi adalah salah satu masalah pada gigi dan mulut yang paling menyiksa. Ungkapan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi nampaknya terdengar logis. Pasalnya, sakit gigi tidak hanya membuat Anda kesulitan untuk makan saja, namun juga dapat mempengaruhi suasana hati dan bahkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Lantas, bagaimana cara mengobati sakit gigi yang ampuh? Sakit gigi adalah rasa nyeri yang Anda rasakan di dalam atau di sekitar gigi. Intensitas nyeri yang ditimbulkan dapat berkisar dari ringan hingga parah. 
Anda bisa merasakan nyeri tajam yang terjadi secara terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Sakit gigi juga dapat membuat gigi Anda sangat sensitif terhadap makanan manis serta suhu panas dan dingin. Jika tidak cermat dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, gigi Anda akan terasa semakin nyut-nyutan. Bahkan gejala sakit gigi juga sering disertai dengan pusing, demam, sakit telinga, sakit leher, dan bau mulut. Keseluruhan gejala inilah yang membuat rasa sakit semakin menyiksa hingga menghambat aktivitas Anda sehari-hari. 

Nah disini saya akan memberitahu apa saja sih obat-obat herbal yang bisa anda coba jika anda sedang terkena sakit gigi.
1. Lemon Asam

Dalam lemon berfungsi sebagai obat alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumr dalam 3 kali sehari agar bakteri cepat hilang.

2. Jeruk nipis 

juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga kesehatan mulut terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

3. Belimbing wuluh

 Rasa asam dalam belimbing wuluh berguna sebagai antibakteri yang tentu saja efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut anda. Caranya dengan menumbuk halus 2 biji belimbing wuluh yang belum matang. tumbukan belimbing wuluh ini kemudian oleskan pada bagian gigi yang sakit.

4.Daun Jambu biji 

Daun jambu biji juga ternyata berguna sebagai antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Selain itu daun jambu efektif sebagai cara mengobati sakit gigi karena mempunyai antibakteri, antiflamasi, dan analgesi yang kuat. yang perlu anda lakukan hanya mengunyah jambu biji atau merebus daun jambu biji dengan segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

5. Daun sirih

merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara mengobati sakit gigi. apakah anda pernah melihat nenek atau kakek anda mengunyah sesuatu hingga mulutnya berwarna merah. yang mereka kunyah adalah daun sirih. dauh sirih juga berguna sebagai penguat gigi, menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga sebagai anti septik alami. Anda bisa menggunakannya dengan cara dikunyah kemudian digunakan untuk berkumur.

0 komentar:

Posting Komentar