Kamis, 20 Februari 2020

Inilah Yang Akan Terjadi Jika Kamu Menghapus Whatsapp



Meski sangat bermanfaat WhatsApp terkadang pun sering menyebalkan. Tidak heran, saat sudah tidak tahan dengan penyebaran hoax misalnya, privasi merasa terganggu, atau tidak jarang dapat pesan dari orang-orang tidak dikenal, terdapat orang-orang yang terpikir guna uninstal dan menghapus akun WhatsApp sebab malas menggunakannya lagi.
Menghapus WhatsApp barangkali perkara gampang. Tapi pernahkah anda terpikir, apa yang bakal terjadi saat kalian hapus WhatsApp? Inilah yang akan terjadi :

History dan backup pesan

Menghapus WhatsApp bakal menghapus seluruh record chat di ponsel. Kamu tidak akan dapat lagi membuka WhatsApp dan mengakses pesan yang telah diterima sebelumnya. Bahkan, backup pesan di iCloud (untuk iPhone) dan Google Drive (di Android) pun akan dihapus. Kamu tidak dapat mengembalikannya saat mengaktifkan lagi akun WhatsApp.

Pesan yang telah diterima

Karena akun anda tidak terdapat di WhatsApp, orang beda pun tidak dapat mengirim pesan. Namun, andai thread obrolan terdapat di WhatsApp orang-orang tersebut, mereka dapat mengirim pesan ke kamu. Tapi, pesan itu melulu akan tampak centang satu di WhatsApp si pengirim, sedangkan anda tentu saja tidak dapat menerima pesan-pesan tersebut.

Grup WhatsApp

Apa yang terjadi dengan grup WhatsApp? Kamu bakal otomatis terhapus dari seluruh grup WhatsApp yang diikuti. Dan ketika tersebut terjadi, orang beda di dalam grup akan menyaksikan notifikasi anda meninggalkan grup.


Foto profil dan about

Karena keduanya ditabung di server WhatsApp, gambar profil dan mengenai (about) anda pun bakal dihapus dari WhatsApp. Tapi tersebut tidak berarti potret profil kamu pun terhapus dari ponsel. Jangan khawatir, potret profil melulu akan menghilang di WhatsApp dan bakal tetap tersimpan di ponsel sekitar kalian menyimpannya.

Settings

Karena akun WhatsApp anda tak lagi eksis, settings atau penataan WhatsApp pun akan dihapus. Perubahan apapun yang anda buat pada pengaturan, bakal kembali ke penataan asli alias default ketika anda mengaktifkan lagi akun WhatsApp.

Foto dan video

Di Android, andai WhatsApp kamu ditata untuk mendownload potret dan video secara otomatis, konten itu akan tetap terdapat di ponsel selama anda menyimpannya. Kamu dapat mengaksesnya lewat software gallery di dalam folder WhatsApp. Kalau WhatsApp anda tidak mendownloadnya secara otomatis, potret dan video itu akan hilang dari WhatsApp.

Hampir serupa dengan Android, guna pemakai WhatsApp di iPhone, saat mendownoad potret dan video dari WhatsApp, konten ini bakal tetap terdapat di server WhatsApp. Kamu butuh mendownloadnya secara manual ke ponsel dengan tap tombol save. Kalau anda belum menyimpannya, kalian bakal kehilangan semua potret dan video tersebut sesudah hapus WhatsApp. Tapi bila kamu telah ke ponsel, pasti saja potret dan video-video di WhatsApp masih dapat dilihat lewat Apple Photos atau software gallery lainnya di iPhone.

Payment History

Di sejumlah negara, WhatsApp sudah menyokong pembayaran digital. Buat pemakai yang memakai layanan ini, payment history bakal terhapus. Si pemakai pun harus mengkoneksikan ulang akun bank mereka ke WhatsApp saat mengaktfikan lagi WhatsAppnya.

Ketika Aktif Lagi

Kamu pasti saja dapat mengaktifkan lagi akun WhatsApp yang telah dihapus memakai ponsel yang sama. Meski demikian, laksana sudah dilafalkan sebelumnya, anda harus mengawali semuanya dari mula sebagai pemegang akun baru. Apa juga yang telah dihapus tidak bakal kembali.

Baca juga: Pencipta WhatsApp Siapkan 'Pembunuh' WhatsApp
Ini bakal seperti menciptakan akun WhatsApp baru dengan nomor ponsel yang sama, kamu pun harus menata lagi settings, dan lain-lain, serta bergabung lagi dengan grup yang dulu ditinggalkan. Ketika anda mengaktifkan pulang WhatsApp, anda akan secara otomatis hadir di susunan kontak WhatsApp dari seluruh orang yang sudah menyimpan nomor kamu.

Kesimpulannya, hal-hal sebagai berikut akan terjadi andai kamu hapus WhatsApp:

Semua chat thread bakal hilang
Backup cloud iCloud dan Google Drive bakal dihapus
Kamu bakal terhapus dari grup WhatsApp
Kamu bukan lagi menjadi admin grup WhatsApp
Info akun dan potret profil hilang
Payment history dan akun bank yang terkoneksi terhapus
Pengaturan WhatsApp bakal terhapus semua.

0 komentar:

Posting Komentar