Rabu, 26 Februari 2020

5 Makanan Khas Lampung

Makanan Khas Lampung

Selain memiliki tempat wisata yang indah-indah lampung juga banyak makanan khas yang sangat dikagumkan lampung menyimpan banyak kuliner khas dengan cita rasa yang lezat, jadi tidak lengkap jika kalian tidak pernah mencicipi berbagai makanan khas lampung.

Beberapa makanan khas lampung yang menggugah selera:


1. Tempoyang

Bagi Anda peminat durian, makanan yang satu ini mesti Anda jajaki saat berangjangsana ke Lampung. Tempoyang sendiri adalahfermentasi durian yang diciptakan menjadi semacam saus.

Untuk menciptakan tempoyang, buah durian yang digunakan ialah durian yang tidak mempunyai kandungan air terlalu tidak sedikit dan telah benar-benar matang. Setelah diceraikan dari bijinya, daging durian kemudian dibaur dengan cabai rawit dan tidak dipedulikan selama sejumlah hari.

Untuk mempercepat proses fermentasi, durian juga dapat dimasukkan ke wadah tertutup atau ditabung di dalam kulkas. Apabila proses fermentasi telah selesai, tempoyang lantas akan dibaur dengan ragam ikan, mulai dari ikan teri, ikan mujair, ikan mas, dan beda sebagainya.


2. Seruit


Seruit salah satu makanan khas lampung yang dihidangkan pada acara yang biasanya keluarga atau acara keagamaan.

Ikan yang dipakai untuk menciptakan seruit lumayan beragam, namun yang paling tidak sedikit digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai laksana ikan balide, ikan layis, ikan baung, dan beda sebagainya. Dalam penyajiannya, seruit seringkali dihidangkan bareng nasi hangat serta lalapan.

3. Gulai Taboh


Sesuai dengan namanya, gulai taboh adalah makanan khas Lampung yang berjenis kuah dan memakai menggunakan bahan dasar berupa santan. Namun, bertolak belakang dengan gulai pada umumnya, gulai ini mengandung bahan tambahan laksana rebung, umbi-umbian, serta kacang-kacangan.
Untuk meberikan cita rasa yang berbeda, gulai taboh seringkali juga diperbanyak dengan daun sirih atau terasi di dalamnya. Dengan perpaduan antara terasi dan umbi, cita rasa gulai taboh bakal terasa semakin lezat dan pecah di lidah.


4. Umbu

Nah, untuk Anda yang menyenangi pare atau bahan makanan yang tidak banyak pahit, mesti hukumnya mengupayakan makanan yang satu ini saat berangjangsana ke Lampung. Umbu adalahmakanan khas Lampung yang tercipta dari rotan yang masih muda. Dalam proses pembuatannya, potongan rotan bakal direbus selama sejumlah saat sampai teksturnya menjadi lunak.

Umumnya, masyarakat Lampung memakai umbu sebagai gabungan tumis sayur atau dihidangkan sebagai lalapan. Namun, sebab rotan sekarang mulai susah ditemukan, masyarakat Lampung seringkali hanya menciptakan umbu saat ada acara adat atau acara-acara urgen lainnya.

5. Gabing

Gabing adalah makanan khas Lampung yang memakai bahan utama berupa batang kelapa yang masih muda. Untuk menciptakan gabing, batang kelapa muda bakal diiris tipis sampai terlihat laksana lembaran kecil berukuran 3 hingga 4 cm. Setelah itu, irisan batang kelapa itu direbus dan dan diperbanyak dengan bumbu rempah tradisional.
Gabing sendiri adalah makanan yang berjenis kuah. Tetapi, ada pun sebagian masyarakat yang menciptakan gabing tanpa kuah. Agar semakin lezat, hidangan ini seringkali juga ditambahkan dengan daging, jamur, serta ragam bahan pelengkap lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar