Senin, 24 Februari 2020

Gunung Tertinggi Yang Ada Dipulau Jawa


Gunung Tertinggi Yang Ada Dipulau Jawa




Saat ini gunung menjadi lokasi yang unik untuk dikunjungi, tidak saja orang Indonesia saja yang hendak melakukan pendakian di gunung Indonesia. Bahkan orang asingpun tidak sedikit yang berlibur dan melakukan pendakian di sejumlah gunung yang terdapat di Indonesia. Di Pulau Jawa terdapat banyak sekali gunung yang paling indah.

Gunung adalah sumber daya alam yang mempunyai tidak sedikit sekali keistimewaan. Gunung merupakan format permukaan Bumi yang berupa tonjolan besar. Gunung seringkali kita jumpai di permukaan Bumi yang berada di dekat pertemuan lempeng- lempeng Bumi Gunung di Indonesia adalahkenampakan alam yang keberadaannya tidaklah susah untuk dijumpai. Indonesia adalahnegara yang sedang di cincin lempeng Bumi sehingga tidak sedikit sekali gunung yang timbul di Indonesia.

1. Gunung Semeru (Mahameru)






Gunung semeru ialah gunung tertinggi di pulau Jawa, gunung ini terletak di Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru memiliki elevasi 3.676 meter di atas permukaan laut dan pun dikenal dengan sebutan Mahameru atau Gunung Agung. Gunung Semeru pun adalahgunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia sesudah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung Semeru secara administrative tergolong dalam dua distrik kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru tergolong dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.



2. Gunung Slamet








Gunung Slamet mempunyai predikat sebagai atap Jawa Tengah yang memiliki elevasi 3.428 mdpl. Gunung ini sedang di 5 kabupaten, yaitu Purbalingga, Banyumas, Pemalang, Tegal, dan Brebes. Para pendaki seringkali melakukan perjalanan mengarah ke puncak Gunung Slamet melewati jalur Bambangan yang terdapat di Kabupaten Purbalingga.

Gunung Slamet adalahgunung berapi yang masih aktif. Saat hingga puncak, pendaki dapat melihat kawah aktif yang menerbitkan asap. Bagi semua pendaki mesti tidak jarang kali waspada bila hendak melakukan pemanjatan ke Gunung Slamet. Karena sewaktu-waktu gunung dapat saja merasakan erupsi dan tersebut menjadi masalah serius dan membahayakan untuk para pendaki.

Medan jalan Gunung Slamet lumayan sulit, sebab jalur didominasi berupa batu, pasir, dan kerikil. Kondisi tersebut membuat jalur licin dan gampang longsor.


3. Gunung Sumbing






Gunung Sumbing dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua sesudah Gunung Slamet. Gunung ini terletak di 3 kabupaten, yakni Temanggung, Wonosobo, dan Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Gunung Sumbing mempunyai 4 puncak, yakni Puncak Kawah, Puncak Buntu, Puncak Sejati, dan Puncak Rajawali. Titik tertinggi puncak gunung ini ialah Puncak Rajawali. Gunung ini mempunyai keindahan yang paling istimewa. Para pendaki bakal disajikan dengan sabana yang luas dan lautan awan yang indah.

Jalur yang sering dilewati oleh pendaki seringkali melalui Dusun Garung, Desa Butuh Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. Karena Basecamp Garung dekat dengan jalan utama Wonosobo-Temanggung sampai-sampai moda transportasinya mudah. Untuk kalian yang hendak melakukan pemanjatan dan hendak melewati jalur Via Garung, diharuskan untuk mempersiapkan jasmani yang matang, sebab jalur yang dilewati sangat terjal dan bakal menghabiskan tidak sedikit tenaga.

Puncak Gunung Sumbing juga dapat diakses melalui jalur lain laksana Banaran di Temanggung, Bowongso di Wonosobo, dan Kaliangkrik di Magelang.



4.Gunung Arjuno








Gunung Arjuno adalahgunung berapi tidur yang sedang di kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gunung Rjuno terletak diantara Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Taman Hutan Raya Raden ialah pengelola Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno memiliki elevasi 3.339 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa, untuk para pendaki yang hendak melakukan pendakian, Gunung Arjuno mempunyai 4 jalur yang dapat dilalui, yakni Jalur Lawang dari Arah Timur, Jalur Tretes dari Utara Gunung Arjuno, Jalur Batu Arah Barat, dan Jalur Purwosari dari Arah Selatan Gunung Arjuno.

Gunung Arjuno pun ada objek wisata air terjun mempunyai nama Kakek Bodo. Gunung Arjuno pun ada mata air Sungai Berantas yang terletak di Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu yang adalahsungai terpanjang kedua di Pulau Jawa sesudah Sungai Bengawan Solo.



5.Gunung Raung






Raung terletak di Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya gunung ini mencakup 3 distrik Kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Gunung Raung adalah gunung berapi di Jawa Timur dan memiliki elevasi setinggi 3.332 mdpl. Gunung Raung memilki area hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung Raung mempunyai 2 jalur untuk dilewati menuju puncak, yakni jalur Kalibaru mengarah ke Puncak Sejati dan jalur Waringin mengarah ke Puncak Bayangan.


6.Gunung Lawu







Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Provinsi Jaa Tengah dan Jawa Timur tergolong kedalam dua kabupaten, yaitu: Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Indonesia.

Gunung Lawu memiliki elevasi 3.256 meter dari permukaan laut (mdpl) yang adalahgunung tertinggi keenan di pulau Jawa. Gunung Lawu mempunyai 3 puncak, yakni PuncakHargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling, Puncak Hargo Dumilah adalahpuncak tertinggi Gunung Lawu.
Ada 3 jalur yang dapat dilalui guna sampai ke puncak Hargo Dumilah. Yaitu, Jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Cetho.

Gunung Lawu mempunyai icon yang tidak asing untuk para pendaki dan menjadi incaran guna di kunjungi pada ketika melaukan pemanjatan ke Gunung Lawu. Yaitu, Warung Mbok Yem, warung tertinggi di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar