Selasa, 25 Februari 2020

Teknologi Masa Perundagian


Zaman perundagian ialah zaman dimana insan sudah mengenal pengolahan logam. Hasil-hasil kebudayaan yang didapatkan terbuat dari bahan logam. Pada masa perundagian, insan masih pun menggunakan dagangan yang berasal dari batu. Penggunaan bahan dari logam tidak begitu tersebar luas sebagaimana halnyabahan dari batu. Persediaan logam paling terbatas.

a. Sistem Kebudayaan Ekonomi

Masyarakat pada masa perundagian diduga sudah menganal pembagian kerja. Dengan demikian, pada masa perundagian telah terjadi pelapisan social. Ciri kehidupan ekonomi dalam masa perudagian ialah pada masa ini sudah terjadi perniagaan dengan teknik atau barter dimana perniagaan tersebut dilaksanakan dengan memakai perahu bercadik. Perdagangan tersebut dilangsungkan di kaasan Asia Tenggara bahkan samapai India. Hal ini terbukti dengan masuknya pengaruh India ke Indonesia. System mata pencaharian sudah merasakan kemajuan. Cara bertani berhuma pulang menjadi bertani dengan bersawah.

b. Sistem Kebudayaan Sosial

Ciri kehidupan social dalam masa perundagian antara beda :

1. Jumlah warga semakin bertambah, kepadatan warga bertambah, pertanian dan perternakan semakin maju.
2. Mereka mempunyai pengetahuan tentang fenomena alam dan musim.
3. Dengan diterapkan system persawahan maka pembagian masa-masa dan kerja semakin diketatkan.
4. Dalam masyarakat muncul kelompok undagi, mereka merupakan kelompok yang terampil untuk mengerjakan pembuatan benda logam.
5. Dari segi social, kehidupan masyarakat pada zaman ini semakin teratur. Contohnya terdapat pembagian kerja yang baik.
6. Pembagian kerja semakin perumahan dimana wanita tidak melulu bekerja di lokasi tinggal tetapi juga berniaga di pasar.

c. Kepercayaan

Ciri keyakinan dalam masa perundagian :

1. Keberhasilan segala usaha dirasakan tergantung pada kekuatan supranatural. Oleh sebab itu, masing-masing usaha mesti dibuka dengan upacara khusus guna mendapat restu dari nenek moyang.
2. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang disertai dengan upacara-upacara tertentu. Pada masa ini, kelompok ulama memiliki status yang penting. Sebab, mereka ialah orang yang bersangkutan antara dunia dan kekuatan gaib.

d. Teknologi

Ciri teknologi dalam masa perundagian antara beda :

1. Teknologi dapat disaksikan dari penciptaan alat-alat pada masa itu, terlebih lagi teknologi itu terlihat pada masa pemakaian alat-alat dari logam. Hal ini diakibatkan karena kiat yang dipakai untuk menciptakan alat-alat dari logam itu diadopsi dari teknik menciptakan logam di daratan Tiongkok.
2. Logam dipakai sebab pemakaian alat bercocok tanam dari logam lebih tepat guna selain tersebut mempunyai nilai artistic yang lebih tinggi bila dikomparasikan alat dari batu.
3. Zaman logam disebut pun zaman perundagian dimana masyarakat telah dapat membuat perlengkapan dengan teknologi simpel dengan bahan baku logam.

Benda-benda logam pada masa perundagian

1. Nekara, adalahbenda perunggu yang serupa dengan gendering yang bermanfaat sebagai perangkat keagamaan. Alat ini dipakai untuk upacara perkawinan, kematian, mohon hujan dll
2. Kapak corong, ialah kapak yang tercipta dari perunggu yang unsur atasnya berbentuk corong
3. Bejana perunggu, adalahbenda yang berbentuk bulat panjang yang diciptakan dari dua lempengan perunggu yang cembung. Fungsi dari benda ini tidak diketahui secara pasti
4. Patung-patung perunggu, patung ini memiliki format yang bermacam-macam dan dalam berbagai format ukuran. Patung itu menggambarkan sekian banyak  kegiatan insan saat itu.
5. Alat-alat dari besi, benda-benda besi bisa digolongkan sebagai alat kebutuhan sehari-hari dan senjata, namun benda besi tidak jarang ditemukan sebagai bekal kubur.

Teknik yang dipakai pada masa perudagian

1. Bivalve, yakni dengan cetakan batu yang dapat dipakai berulang-ulang. Cetakan ini terdiri dari dua unsur yang tengahnya menyusun rongga guna dituangi cairan logam, sesudah kering dimulai jadilah benda yang diinginkan.

2. Acire Perdue, yaitu menciptakan model dari lilin kemudian dibalut tangah liat dan dituangkan cairan logam sampai-sampai lilin mencair, sesudah kering tanah liat dipecah, jadilah benda yang diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar