Jumat, 28 Februari 2020

8 Keistimewaan kota Lampung



1. Tentang Lampung
Lampung adalah sebuah Provinsi yang sedang di ujung unsur selatan Pulau Sumatra, Indonesia. Bandar Lampung adalahibukota dari Provinsi Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 15 Kabupaten dengan warga sekitar 8.205.141 jiwa.


2. Letak Goegrafis
Secara Geografis Provinsi Lampung mempunyai luas 35.376,50 km². Daerah ini di sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia, di sebelah unsur timur dengan Laut Jawa, di sebelah unsur utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Selatan, dan di sebelah unsur selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

3. Penjelasan Tentang Lampung
Lampung adalah provinsi multietnis dengan 3 besar suku mayoritas, yakni suku Jawa, Lampung, dan Sunda, dimana Lampung adalahsuku pribumi di provinsi ini. Selanjutnya terdapat suku Bali, Minangkabau, Sumatra Selatan, dan beda sebagainya.

4. Sejarah Lampung
Dalam sejarah, distrik Lampung pun pernah dijajah oleh Belanda. Kekayaan alam lada hitam yang dipunyai oleh Lampung ini menjadi incara koloni Belanda guna menguasai distrik ini. Pemuda-pemuda lampung turut serta guna memerdekakan Provinsi Lampung ini.

5. Kelebihan Lampung 
Provinsi Lampung mempunyai Pelabuhan utama mempunyai nama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan laksana Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung. Terdapat pula Bandar Udara Utama yang mempunyai nama Raden Intan II.

6. Semboyan Masyarakat Lampung
Masyarakat Adat Lampung mempunyai Semboyan dalam bahasa Lampung yaitu “Sai Bumi Ruwa Jurai” yang dengan kata lain satu bumi dua aliran adat budaya. Kata Sang Bumi berasal dari sanga bumi, dengan kata lain se-bumi. Sedangkan Ruwa Jurai, dengan kata lain dua aliran (kelompok) kebiasaan yang berbeda, yakni aliran (jurai) masyarakat adat sebatin dan pepadun.

7. Simbol Kota Lampung
Simbol Khas wilayah Lampung yakni Siger. Siger seringkali digunakan sebagai mahkota pengantin Lampung, namun dapat juga digunakan untuk acara-acara sakral. Terdapat pula Menara Siger yang menjadi ikon Lampung dan pun menjadi titik nol Sumatra.

8. Khas Lampung
Lampung pun mempunyai kain tenun yang khas yaitu Tapis Lampung. Tapis Lampung ialah hasil tenun benang kapas dengan motif, benang perak atau benang emas dan menjadi pakaian khas suku Lampung. Motif kain Tapis Lampung ini pun bermacam-macam dan mempunyai makna sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar