Minggu, 01 Maret 2020

Cara menjaga kehamilan untuk ibu yang sedang hamil muda




Beragam Cara Menjaga Kehamilan Muda
Berikut sejumlah hal yang dapat dilaksanakan ibu hamil untuk mengawal kehamilan muda, di antaranya:

Mengatasi keluhan dan evolusi fisik
Berbagai perubahan jasmani dalam kehamilan yang lazimnya terjadi yakni mual muntah (morning sickness), payudara terasa nyeri, tidak jarang buang air kecil, gampang lelah, pusing, susah buang air besar, dan kemauan makan sesuatu di luar kelaziman atau ngidam. Ibu hamil juga sangat sensitif sekali terhadap bau-bau seperti
asap raokok dll dan juga ia makan porsi sedikit dengan lebih sering. Perbanyak minum air, selingi dengan minuman jahe. Tidak melulu itu, beristirahat yang lumayan juga menolong mengurangi rasa lemas ketika hamil muda. Guna menangkal sembelit ketika hamil muda, batasi makanan yang digoreng, makanan pedas, dan minuman soda. Sertakan pula makanan kaya serat dan lakukan kegiatan tubuh yang ringan.Hindari menyangga buang air kecil, sebab dapat merangsang infeksi drainase kemih. Untuk menolong mengatasi pusing ketika hamil muda, hindari berdiri terlampau lama dan tidak boleh mengganti posisi tiba-tiba. Berbaring ke sebelah kiri akan menolong meringankan pusing.

BACA JUGA :www.indinesiantechnology.net

Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan memberi batas kafein
Salah satu hal risiko yang dapat mengakibatkan keguguran, bayi tercetus prematur, dan plasenta bermasalah ialah rokok. Beberapa riset bahkan mengaitkan cerutu dengan situasi bibir sumbing. Hindari pun minuman beralkohol sebab dapat menambah risiko berat bayi bermunculan rendah, gangguan tumbuh kembang, serta menjadi hiperaktif. Batasi asupan kafein guna menghindari risiko keguguran dan masalah beda dalam mengawal kehamilan Anda.Di samping itu, hindari pekerjaan atau kegemaran yang menciptakan ibu hamil memakai zat kimia laksana cairan pembersih, pestisida, atau yang berisi logam berat.

Mengendalikan situasi emosional
Kehamilan bisa memicu sekian banyak  emosi, laksana gembira, energik hingga gelisah dan evolusi mood. Ibu hamil muda seringkali khawatir mengenai situasi bayi, keterampilan mengasuh, sampai kondisi finansial. Namun, tidak boleh sampai hal-hal tersebut mengakibatkan stres.Sangat normal ibu hamil merasakan perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa hendak menangis. Nikmati masing-masing proses dalam mengawal kehamilan, tidak boleh terlalu memaksakan atau menghakimi diri. Minta sokongan dari family dan pasangan. Jika evolusi mood menjadi paling intensif, konsultasikan ke dokter kandungan atau psikolog.

BACA JUGA :surabaya.indonesiantechnology.net

Mempererat hubungan dengan pasangan
Kehamilan adalahsaat yang tepat untuk menambah keintiman pada pasangan. Ungkapkan secara jujur tentang kebutuhan, kekhawatiran, permasalahan, dan asa yang dirasakan. Minta pasangan mengerjakan hal yang sama. Membahas hal-hal tersebut bareng akan menolong memperkuat rasa kebersamaan sebagai pasangan.Aktivitas seksual ibu hamil tak jarang terganggu, lantaran mual, lelah, ataupun kehilangan mood. Pilih ketika yang tepat untuk bersangkutan intim, yaitu saat ibu hamil merasa nyaman. Tidak butuh mencemaskan efek kegiatan tersebut pada janin, karena janin terlindungi oleh kantung dan cairan ketuban, otot-otot rahim, serta cairan yang mengayomi leher rahim terhadap infeksi.

Mewaspadai firasat bahaya kehamilan
Timbul flek atau perdarahan enteng saat kehamilan trimester kesatu, tergolong normal. Namun, waspadai perdarahan yang lebih tidak sedikit yang disertai rasa sakit pada unsur perut. Demikian pula andai cairan vagina ketika hamil muda merasakan perubahan warna, bau, ataupun menciptakan gatal. Ada bisa jadi terjadi infeksi yang butuh segera ditangani dokter. Infeksi pun dapat menimbulkan fenomena rasa panas atau nyeri ketika buang air kecil.Mual dan muntah pun termasuk normal ketika hamil muda, yang lazimnya semakin enteng pada umur kehamilan 12-14 minggu. Konsultasikan ke dokter andai mual dan muntah, diiringi dengan demam, muntah berdarah, detak jantung tak beraturan, ataupun terjadi penurunan berat badan, dehidrasi dan pusing secara berlebihan.

Melakukan pengecekan ke bidan atau dokter
Lakukan pengecekan pada bidan atau dokter kandungan secara teratur. Kunjungan kesatu, lazimnya seputar kesehatan ibu hamil dan menilai umur kehamilan. Pemeriksaan mula pada kehamilan trimester kesatu pun dapat mengidentifikasi hal risiko dan mengecek kelainan kromosom pada janin.Pemeriksaan pada kehamilan trimester kesatu yang normal yaitu masing-masing enam minggu. Jangan malu untuk mengemukakan pertanyaan tentang kehamilan atau rencana persalinan nanti pada bidan atau dokter kandungan Anda.
Kehamilan muda adalahsaat yang mesti mendapat  perhatian khusus. Keluhan yang timbul pada masa tersebut, mesti disikapi dengan tepat demi mengawal kehamilan tetap sehat. Konsultasikan segera pada bidan atau dokter, andai timbul firasat bahaya sekitar masa kehamilan.

0 komentar:

Posting Komentar