Selasa, 25 Februari 2020

3 Adat yang unik dan terkenal di Lampung

1. Tayuhan


Perayaan adat ini diselenggarakan oleh keluarga besar dalam rangka pernikahan, khitan, pembangunan rumah, maupun perayaan kesuksesan panen. Peralatan yang diperlukan saat tayuhan di antaranya laksana tandang bulung, kecambai, nyani buwak, begulai, nyekhallai siwok, dan khambak bebukha.

Penggunaan alat-alat ini bakal disesuaikan dengan gelar adat. Di samping itu, pihak kerabat pun memberikan pertolongan seperti sekian banyak  bahan makanan mentah atau makanan yang telah siap saji.

2. Balimau


Tradisi ini sebetulnya berasal dari Minangkabau, tetapi juga dilaksanakan oleh masyarakat di Lampung. Jelang Ramadan, masyarakat akan mengerjakan ritual balimau atau mandi dengan jeruk nipis.

Di samping jeruk nipis, bahan-bahan lain laksana bunga kenanga, daun pandan, dan akar gambelu pun ditambahkan. Untuk masyarakat lokal, ritual ini menjadi wujud pembersihan jiwa dan raga sebelum menginjak bulan Ramadan.

3. Gawi


Tradisi Gawi dilakukan untuk ritual kehidupan, di antaranya kelahiran anak dan menjelang pernikahan. Tujuannya sebagai rasa syukur atas segala nikmat dan rezeki yang dicurahkan sang pencipta. Tak seluruh orang dapat mengadakan perayaan ini.

Biasanya, melulu masyarakat yang mempunyai tingkat ekonomi berada yang dapat melaksanakannya. Ini dikarenakan ongkos pembuatan acara yang tergolong mahal.

0 komentar:

Posting Komentar