Jumat, 28 Februari 2020

5 Fakta Menarik Kota Palembang

Bicara Palembang, tidak sedikit yang langsung beranggapan kuliner khasnya laksana pempek, atau Jembatan Ampera yang jadi ikonnya.


1. Kota tertua di Indonesia, bahkan dunia


Diketahui keberadaannya telah ada semenjak kerajaan Sriwijaya yang pun adalahkerajaan nasional kesatu di Nusantara. Ini diperlihatkan dengan penemuan arca dan pun prasasti, di antaranya prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang. Dalam prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Melayu Kuno ini, diterangkan bahwa Palembang telah menjadi suatu kota semenjak tanggal 16 Juni tahun 682M dan didirikan oleh Dapunta Hyang.
Jadi kota ini telah berusia lebih tidak cukup 1337 tahun, lho!

2. Cerita unik dari Sungai Musi dan Ampera


Dengan panjang 750 km, Sungai Musi membelah Kota Palembang jadi dua, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir serta mengalir mengelilingi Kota Palembang. Sungai ini lantas dijuluki “The Venice from East”, karena dirasakan serupa dengan Venisia di Italia.
Menariknya lagi, di tengah Sungai Musi ini ada Pulau Kemaro. Konon, Pulau Kemaro ini menjadi saksi cerita cinta antara putera bangsawan asal Tiongkok, Tan Bun An dengan putri dari raja Palembang yakni Siti Fatimah, yang tidak mendapat restu.

3. Berbagai prestasi dan predikat, mulai Nasional sampai ASEAN


Palembang pernah jadi kota terbersih se-Asean sejumlah 2 kali dan terdaftar jadi penerima Piala Adipura sejumlah 9 kali.
Yang menariknya, pada tahun 2006, Kota Palembang pernah mendapat predikat kota terkotor di Indonesia. Namun di tahun berikutnya kota ini justru sukses menyabet kota terbersih di Indonesia dan meraih Adipura.

4. Terdapat sekian banyak  destinasi wisata unik


Di samping Pulau Kemaro, wisata kebiasaan di Palembang juga dapat dilakukan dengan mendatangi Kampung Kapitan. Sementara kalau hendak wisata alam, dapat ke Air Terjun Bidadari dan Lematang Indah, Gunung Dempo. Atau coba pun wisata religi dengan mendatangi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang dijadikan sebagai di antara masjid nasional, serta cagar kebiasaan di Palembang.

5. Ragam kuliner khas yang nikmat


Pasti tidak sedikit yang langsung beranggapan pempek, ya? Memang tak salah, sebab kuliner ini yang sangat dikenal dari Palembang.
Tapi di samping pempek, terdapat kuliner khas Palembang beda yang mesti dicoba.
Misalnya tekwan, yang tercipta dari sagu dan olahan ikan berkuah jernih dan seringkali disajikan dengan soun, jamur kuping serta irisan bengkuang.

0 komentar:

Posting Komentar