Minggu, 23 Februari 2020

Perkembangan Teknologi Informasi



PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Teknologi informasi adalah teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Teknologi saat ini sudah snagt berkembang pesat teknologi informasi sudah menjadi sebuah teknologi yang lebih luas pengaruh dan dampaknya. Teknologi informasi didalam kehidupan akan selalu berkembang mengikuti kebutuhan manusia yang semakin kompleks dan bervariasi.
Perkembangan telekomunikasi dianggap sebagai salah satu sebab utama munculnya revolusi informasi yang modern.

Pengembangan Teknologi Komputer Informatika di Indonesia bisa tercapai dan berperan sebagai wadah komunikasi, konsultasi dan koordinasi antar anggota. 
Teknologi komputer baru diperkenalkan di Indonesia dalam kurun waktu antara tahun 1970 sampai dengan tahun 1972-an. Universitas Indonesia termasuk salah satu perguruan tinggi pertama yang menjadi salah satu tempat pengenalan teknologi komputer di Indonesia. 
Dari Universitas inilah teknologi komputer mulai disebarluaskan. Pada periode 1975 sampai dengan 1986, Universitas Indonesia bekerjasama dengan sebuah organisasi IPKIN (Ikatan pemakai komputer Indonesia) dengan mengirimkan empat orang staf pengajar PUSILKOM untuk studi lanjutan tentang ilmu komputer di Amerika.

Perubahan teknologi informasi membuat pemerintah juga harus ikut serta di dalam pengembangannya. Beberapa konsep yang dilakukan oleh pemerintah selama ini di dalam kemajuan Teknologi Informasi yaitu 


  1. TKIT (Tata Kelola Teknologi Informasi)berkaitan erat dengan konsep Indonesia Superhighways yang disusunkan dalam kerangka Nusantara-21 bekerjasama dengan Telkom Indonesia dengan teknologi berbasis Satelit.
  2. APKASI (Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia) sebuah wadah kerjasama pemerintah kabupaten dalam upaya mendukung keberhasilan otonomi daerah.
  3. WARINTEK (Warung Informasi Teknologi) Suatu sistem basis data ilmu Pengetahuan dan teknologi (Iptek) terpadu untuk mendorong program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat berwawasan informasi dengan memberikan kemudahan, layanan dan pendidikan pada masyarakat dalam mengakses informasi.
  4. SISFONAS (Sistem Informasi Nasional) Berawal dari isu Millenium bug yang muncul diakhir 1999 dan terlihat tidak terakturnya irama pengembangan sistem berbasis teknologi informasi yang dikembangkan di Indonesia.
  5. E-Government atau disebut Pemerintah elektronik Sebuah istilah bagaimana memadukan sistem informasi melalui perangat canggih TI (Teknologi informasi) sehingga memudahkan seseorang mendapatkan, mengolah, dan melakukan disemininasi informasi.
Pada saat ini informasi menjadi sesuatu yang lebih bernilai, dengan penguasaan informasi yang tepat. Teknologi informasi akan menjadi jalan baru untuk mencapai tujuan dan cita-cita luhur Bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar