Jumat, 28 Februari 2020

Hal unik tentang kota Bandung


1. Bus Bandros

Bus Double Decker ini menjadi ikon teranyar kota Bandung dan dengan cepat menjadi salah satu pesona utama wisatawan lokal ataupun mancanegara saat pelancong datang ke kota Bandung. Kendaraan yang asal namanya terinspirasi dari Bandung Tour On Bus ini memang disiapkan untuk mengirimkan turis berwisata mengelilingi Kota Bandung dengan rute yang memungkinkan wisatawan menyaksikan landmark dan keunikan kota Bandung.

2. Bandung punya pahlawan: PRABU

Berbeda dari kota-kota lain, Bandung punya sosok pahlawan. Pahlawan ini dinamakan PRABU (Pahlawan Urang Bandung). Tugasnya apa? Tugasnya mengawal Kota Bandung supaya tetap tertib, indah, dan bersih. Maka, jangan kaget saat kalian berwisata ke kota Bandung, terdapat yang menegur bila kalian buang sampah sembarangan atau melanggar lampu merah, sebab Bandung banyak PRABU.

3. Komunitas Kreatif yang nggak habis-habis

Kota Bandung ialah Kota Kreatif dengan kebiasaan ngariung (berkumpul) yang kental. Tidak mengherankan lagi bila di Kota Bandung ini tidak sedikit komunitas kreatif dengan segala potensi yang bisa dikembangkan. Suka main skateboard? Ada komunitas Skate, Suka Beatbox? Ada komunitas beatbox, Suka sejarah dan jalan-jalan? Ada komunitas Aleut, bahkan bersih-bersih kota juga ada komunitasnya! Wow!

4. Bandung surganya kuliner

Kalau inginkan wisata kuliner, datanglah ke Bandung. Begitu premis yang tidak jarang beredar di seantero Indonesia dan sayangnya, benar! Hanya di Bandung lokasi kamu dapat menemukan makanan dari semua Indonesia, dari Aceh hingga Papua seluruh ada. Belum lagi ada makanan khas kota Bandung sendiri dan nama-namanya yang aneh dan unik: Cireng (aci di goreng), Cimol (aci di gemol), Gehu (Toge dan Tahu) dan masih tidak sedikit lagi, silahkan diusahakan sendiri.

5. Ruang Publik yang dipertahankan masyarakatnya

Bila di kota-kota lain yang mendirikan aturan dan mengawal ruang publiknya ialah pemerintah setempat, di kota Bandung, ini dilaksanakan oleh inisiatif masyarakat. Contohnya di Cikapundung Riverspot, taman dengan Air Mancur Bermusik yang terletak di Jalan Cikapundung Timur, komunitas yang menjaganya merealisasikan #ZonaKeren. Ada empat urusan yang jadi konsen dari #ZonaKeren: simpan sampah di tempatnya, lokasi bebas asap rokok, menjaga kemudahan publik, dan siap dikenakan sanksi andai melanggar sesuai dengan perda K3 yang berlaku di kota Bandung. Buat yang ngerokok tidak boleh coba-coba melanggar yah, sebab pasti ditegur atau langsung ditindak. People power, yes!

0 komentar:

Posting Komentar