Jumat, 28 Februari 2020

etika menyampaikan pendapat ke pada orang lain.





Menyampaikan pendapat dengan orang lain itu sangkat lumrah terjad antara seseorang dengan yang lainnya. tetapi tak jarang terjadi perbedaan pendapat untuk mengambil suatu keputusan dalam diskusi. perbedaan itu merupakan salah satu hal yang wajar.

musyawarah  dilakukan untuk mencegah konflik yang terjadi karena perbedaan pendapat. oleh sebab itu, sangat dibutuhkan cara mengolah pendapat kita terhadap orang lain agar tidak menimbulkan perselisihan.

berikut adalah ulasan dan tatacara etika dalam menyampaikan pendapat : 

1. sampaikan dengan cara yang sopan saat mengungkapkan pendapat
saat ingin menyampaikan pendapat,harus mengunakan kata yang sopan. tidak menggunakan kata yang kasar yang mungkin disertai dengan makian sehingga menyakiti hati orang lain.

 baca juga : etika saat berbicara

2. ketahui pemahaman pengetahuan

sebelum menyampaikan pendapat pastikan dulu pemahaman yang cukup tentang apa yang ingin disampaikan. hal tersebut untuk menghindari perdebatan yang tidak sesuai dengan topik pembahasan.

3. tidak memotong pembicaraan

jangan memotong pembicaraan saat menyampaikan pendapat. niarkan orang menyampaikan pendapat hingga selesai, lalu tanggapi pendapatnya setelah dipersilahkan.

4. memiliki dasar argumen yang kuat

sebainya harus memiliki argumen yang kluat untuk menyampaikan pendapat.

5. tidak mudah menyerang pribadi lawan bicara

sebaiknya kita tidak menyerang pribadi lawan pembicara apabila toidak setuju dengan pendapat yang telah diberikan.hal tersebut yang membuat konflik dalam sebuah diskusi.


Baca juga : faham beretika

0 komentar:

Posting Komentar