Rabu, 26 Februari 2020

Teknologi Digital


Technologi Digital


Teknologi digital ialah suatu perangkat yang tidak lagi memakai tenaga insan secara manual, namun lebih pada sistem pengoprasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau bentuk yang bisa dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung paling cepat yang memproses seluruh bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik (kode digital)

sedangkan teknologi komunikasi digital ialah teknologi yang berbasis sinyal elektronik komputer.

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, teknologi digital adalah sistem penghitung paling cepat dengan memproses informasi berupa kode digital atau nilai-nilai numerik (angka).  Sebelum dikonversi, diperlokan meliputi informasi sensor yang sebenarnya menjadi kode digital (misalnya kamera digital). Kode digital yang dikirim sensor barulah akan diubah oleh komputer (mikroprosessor) yang dimana di masing-masing alat digital tentu ada. Dari hasil pengolahan data digital tersebut, informasi akan diperlihatkan pada layar.
Perkembangan Teknologi Digital

Perkembangan teknologi digital membuka era digital dan secara garis besar dapat disaksikan pada 3 urusan berikut.
Lahirnya komputer pada tahun 1940 dan perkembangannya sejak ketika itu
Lahirnya website jejaring sosial (social media) pada tahun 1997 dan maraknya pemakaiannya semenjak tahun 2000-an

Setiap jenis teknologi memiliki keunggulannya masing-masing, inilah ini sejumlah

kelebihan teknologi digital:

- Data yang diantarkan dari satu lokasi ke lokasi lain tidak terpengaruh cuaca buruk dan noise sebab      data yang ditransmisikan dalam format sinyal digital.
- Berbagai tipe sistem komunikasi terdapat dan bisa digunakan.
- Biaya perawatan lebih rendah sebab lebih praktis dan stabil.

Kekurangan Teknologi Digital

Di samping mempunyai keunggulan, masing-masing jenis teknologi mempunyai efek samping yang ditimbulkan, inilah ini sejumlah kekurangan teknologi digital :

- Kesalahan yang barangkali terjadi pada saat mengolah sinyal analog ke digital (digitalisasi).
- Kemungkinan tercurinya data digital yang urgen seperti nomor rekening, data pekerjaan, dll oleh        hacker ataupun virus.
 Membuat ketergantungan yang berlebihan pada pemakainya, yang bisa menghambat keterampilan      empati dan sosial secara nyata.

0 komentar:

Posting Komentar