Jumat, 28 Februari 2020

5 Fakta unik tentang Jakarta



1. 13 Kali Ganti Nama

Jika anda pikir Jakarta melulu pernah berganti nama sejumlah dua kali? Maka anda salah besar. Dulu, Jakarta berupa suatu pelabuhan kecil yang mempunyai nama Sunda Kelapa, kemudian pulang menjadi Jayakarta.
Lalu, pemerintahan Belanda menempati Jayakarta dan berganti nama menjadi Sta Batavia, yang lantas berubah lagi menjadi Gemeente Batavia pada 1905.
Pada tahun 1942, pendudukan Jepang menciptakan nama Batavia dubah menjadi Jakarta Toko Betsu Shi. Lalu sesudah Jepang menyerah untuk sekutu, namanya menjadi Pemerintah Nasional Kota Jakarta.
Selang sejumlah lama, Jakarta diduduki oleh pemerintahan NICA, namanya juga kembali laksana dulu, Stad Gemeente Batavia. Dan, pada 24 Maret 1950 diolah kembali menjadi Kota Praja Jakarta. Pada 18 Januari 1985 mempunyai nama Kota Praja Djakarta Raya.
Kemudian pada tahun 1961 terbentuklah Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya.


2. Maskot Jakarta
Masih tidak sedikit orang yang mengira bahwa maskot Jakarta ialah Monas. Yang sebetulnya ialah Elang Bondol dan Salak Condet. Maskot ini diresmikan pada tahun 1989.
Mengapa elang bondol dan salak condet? Dahulu, Jakarta masih mempunyai pepohonan yang rimbun dan hamparan tanah lapang. Karena kesejukannya, elang bondol sering terlihat di awang Kota Jakarta. Sedangkan salak condet adalahbuah pribumi dari Jakarta yang tumbuh di area Condet.
Jika kamu hendak melihat patung maskot DKI Jakarta, datanglah ke area Cempaka Putih, Jakarta Pusat.


3. Mitos Patung-Patung Di Jakarta

Jangan salah sangka, saya tak akan merundingkan tentang urusan gaib ataupun mistis. Namun, ini lumayan unik .
Lihatlah Monas. Apa anda pernah menyadari kalau format lidah api Monas serupa sosok wanita yang sedang bersimpuh menghadap Istana Negara? Ya, urusan itu benar adanya. Tapi tak terdapat jawaban tentu tentang siapa sosok wanita ini.
Satu urusan lagi yang mesti anda ketahui, bahwa patung yang berada di distrik Pancoran, Jakarta Selatan, bukanlah mempunyai nama Patung Pancoran, tetapi Patung Dirgantara.


4. Mall Berjaya

Entah ini urusan yang baik atau buruk. Namun, tahukah anda bahwa Jakarta adalahkota dengan mall terbanyak di dunia. Ditekankan, DI DUNIA!


5. Banyaknya Museum

Mengingat kenyataan di atas, andai kamu penduduk Jakarta yang tauladan, maka jangan melulu pergi ke mall saja dan kunjungi museum-museum yang terdapat di Jakarta. Museum apa saja yang terdapat di Jakarta? Oh, tidak sedikit sekali! Terhitung terdapat 47 museum tersebar di ibukota Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar