Minggu, 01 Maret 2020

Destinasi Wisata Di Tanggamus Yang Membuat Pengunjung Kagum Akan Keindahannya

Destinasi Wisata Di Tanggamus Yang Membuat Pengunjung Kagum Akan Keindahannya



Tanggamus merupakan kabupaten dan kota yang ada di Lampung serta menjadi andalan tujuan wisata di provinsi tersebut. posisinya yang mengadap langsung ke salah satu teluk terbesar yang dimiliki lampung membuat daerah ini memiliki banyak sekali pilihan wisata bahari.

Secara umum Tanggamus adalah kabupaten yang berdiri sejak tanggal 21 maret 1997. namanya diambil dari sebuah gunung yang berada di pusat kota yaitu Gunung Tanggamus. Wilayah ini juga memiliki topografi yang bervariasi mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi, sehingga menjadikan daerah ini kaya akan sumber daya alam sekaligus potensi wisata yang komplit. berikut destinasi wisata di tanggamus yang membuat pengunjung kagum akan keindahannya:


1. Teluk Kiluan




Tempat inilah yang wajib ada di dalam buckelist liburanmu di Kabupaten Tanggamus, Lampung. karena teluk kiluan menyuguhkan beragam pilihan wisata, mulai dari menikmati keindahan pantainya yang eksotis, kemudian melakukan aktifitas diving dan snorkling sampai dengan berlayar ke lautan untuk melihat atraksi alam dari kawanan lumba-lumba yang jumblahnya diperkirakan hingga ratusan ekor.


2. Pantai Gigi Hiu







Pantai gigi Hiu ialah nama yang tengah naik daun. Pemberian namanya sendiri merujuk pada gugusan karang tajam yang dianalogikan sebagai gigi ikan hiu. Secara administratif pantai ini terletak di desa Pegadungan, kecamatan Kalumbayan, Kabupaten Tanggamus. Tidak usah bawa perlengkapan snorkeling ke lokasi ini, sebab Pantai Gigi Hiu hanya dapat dinikmati secara visual saja.

Keeksotisan dari pantai ini tidak hanya pada keberadaan tebingnya yang unik tapi juga dari sejumlah batu layar berukuran besar yang seolah mengapung di atas permukaan air laut. Tidak heran jika pantai ini menjadi lokasi ideal bagi mereka yang hobby fotografi. Hanya saja, karena kawasan pantainya dipenuhi batu karang yang tajam, membuat pengunjung hanya dapat menikmati keindahan yang disuguhkan tanpa dapat mandi dan berenang.



3. Air Terjun Way Lalaan






Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang populer di provinsi lampung karena memang telah difungsikan sebagai objek wisata sejak jaman pemerintahan belanda pada tahun 1937.
Hal itu dapat dilihat dari eksistensi bangunan tangga dari semen mengarah ke tempat air terjun yang umurnya sudah nyaris 1 abad.


Memiliki ketinggian 11 meter, Air TerjunWay Lalaan yang terletak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung Timur tidak hanya mudah untuk dijangkau tapi juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti shelter, kamar mandi dan toilet, mushollah serta area parkir yang luas. Pengunjung juga tidak perlu bingung untuk menghilangkan haus dan lapar, karena di sekitar lokasi air terjun banyak dijumpai pedagang makanan dan minuman.


4. Bendungan Batu Tegi





Diresmikan pada tahun 2004, bendungan seluas 16 km2 yang bisa menampung air sampai 687.767 juta m3 ini terletak di Desa Batu Tegi, Kecamatan Air Naningan. Lokasinya lumayan mudah guna dijangkau, sebab pengunjung yang datang dari Kota Agung Pusat bisa menjangkaunya dengan kendaraan individu maupun kendaraan umum laksana bus dan angkutan kota.

Awalnya bendungan ini dibangun guna irigasi dan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Namun dalam perkembangannya, Bendungan Batu Tegi pun dimanfaatkan guna bahan baku penciptaan air mineral serta sebagai objek pariwisata, sebab panorama alam di area bendungan yang dikelilingi bebukitan serta hijaunya pepohonan paling sedap guna dipandang.



5. Danau Hijau Ulubelu





Terbentuk dari proses alam, danau yang menjadi unsur dari geothermal kabupaten Tanggamus ini menyuguhkan pemandangan yang instagenik lewat airnya yang bening berwarna hijau. Air itu mempunyai suhu yang hangat sebab di bawah danau ada bongkahan belerang yang mendidih. Itu sebabnya pengunjung yang sedang di sekitar danau akan menghirup bau belerang yang menyengat.

Danau yang terletak di Desa Muaradua, Kecamatan Ulubelu ini masing-masing akhir pekan atau pada musim liburan tidak jarang kali ramai oleh pengunjung. Karena itulah tidak sedikit pedagang makanan dan minuman di dekat lokasi danau. Selain tersebut tersedia pula sebanyak fasilitas untuk para pengunjung di antara diantaranya ialah gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil merasakan indahnya panorama di dekat Danau Hijau Ulubelu.

0 komentar:

Posting Komentar