Rabu, 05 Februari 2020

Mengenal Komunikasi Kuantum, Sebuah Teknologi Baru Anti Sadap





Maya Idruss dari Public Relations Specialist Kennlines Capital Group, merilis sebuh alat teknologi terbaru yang dianggapnya sangat baik untuk menangkal berbagai aktivitas penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. teknologi ini disebut olehnya sebagai kominkasi kuantum.

 Menurut Maya, Teknologi Kuantum merupakan salah satu inovasi teknologi terbaru yang menggabungkan prinsip-prinsip mekanika kuantum dengan teori ilmu pengetahuan informasi.

menurutnya teknologi ini merupakan hasil dari teknologi kuantum sendiri, dan dibagi kedalam 3 bidang, yaitu  komputasi kuantum, komunikasi kuantum dan penginderaan kuantum.

nah dari 3 bidang tersebut dinilai bahwa komunikasi kuantum telah menjadi sebuah kemajuan teknologi yang dianggapnya paling matang jika dilihat dari implementasi pengembangan infrastruktur secara fisik dan penerapannya yang secara langsung pada sistem secure communication

maya juga mengklaim bahwa komunikasi kuantum menawarkan sebuah kemampuan yang unik untuk mendeteksi keberadaan penyadap dengan memanfaatkan sifat - sifat mekanik kuantum, secara luas mengacu pada penggunaan kuantum untuk melakukan komunikasi.
Maya mengatakan "Kehadiran teknologi terbarukan ini, sangat membantu siapapun untuk melindungi data pribadi".

Maya juga menjelaskan bahwa kantum ini tidak sama seperti teori komunikasi klasik (Shannon Information Theory). komunikasi kuantum katanya bahkan mampu mengoptimalkan keunggulan dan teknologi, secara penuh dalam mengolah informasi. sehingga memungkinkan proses transfer data terjadi lebih efisien dan aman.

"Misalnya, jika kita ingin mentransfer status komputer kuantum ke memori kuantum jarak jauh, teknologi komunikasi kuantum mampu mempertahankan deskripsi koheren secara penuh dari data yang ingin ditransmisikan. Kemampuan komunikasi kuantum ini dimungkinkan terjadi lebih cepat dengan adanya proses pembuatan dan distribusi secure keys melalui Quantum Key Distribution (QKD)," lanjut maya.

Menurut Maya, sejauh ini, komunikasi kuantum adalah aplikasi teknologi kuantum yang paling matang dan canggih. Apalagi teknologi ini ada pada titik di mana jaringan QKD secara global tersedia, dalam jangkauan teknologi yang telah melalui proses penelitian di jangka waktu yang panjang.

sementara itu teknologi komunikasi kuantum mulai diperkenalkan di Indonesia melalui seminar dan workshop yang akan diselenggarakan oleh SpeQtral, di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI-ITB) dan Kennlines Capital Group pada 20 - 21 Februari

"Workshop tersebut, berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh beberapa penyelenggara. Dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan manfaat dari teknologi komunikasi kuantum dan keamanan jaringan telekomunikasi masyarakat Indonesia," tukas Maya.

0 komentar:

Posting Komentar