Kamis, 06 Februari 2020

Mengenal Helio G80 Chipset Gaming Terbaru Dari Mediatek


MediaTek menghadirkan chipset Helio G80 yang diperuntukan buat smartphone gaming kelas mid range. Chipset ini menyusul kedatangan Helio G70 yang telah meluncur lebih dahulu. Kedatangan Helio G80 juga menjembatani antara G70 dengan G90 serta G90T yang ialah chipset kelas atas MediaTek. Kedua chipset ini meluncur Juli 2019. Redmi Note 8 Pro merupakan ponsel yang telah memakai chipset ini.

Dalam persnya, MediaTek menyebut G70 pula diperuntukan sebagai chipset gaming. Chipset ini bakal digunakan pada Realme C3. Peluncuran 2 chipset gaming ini merespons dari pertumbuhan popularitas ponsel gaming.

kinerja Helio G80 tiadak begitu jauh performanya dari Helio G70 dan masih dibawah chipset seri premium G90. Secara totalitas, dari segi tampilan, modem, serta spesifikasi konektivitas G80 tidak berbeda jauh dengan G70.

Kala dikomparasi, kinerja chipset ini setara dengan Qualcomm Snapdragon 710. Sehingga, diperkirakan chipset ini bakal dipakai pada ponsel- ponsel gaming kelas menengah yang akan launching tahun 2020 ini..

MediaTek G80 terdiri dari 2 inti ARM Cortex- A75 yang mempunyai clock 2GHz, plus 6 inti Cortex- A55 dengan clock 1, 8GHz. Buat kinerja grafis, Helio G80 mengandalkan GPU Mali- G52 GPU dengan clock 950MHz. Perbandingan hasil grafis yang ditampilkan cip grafis ini diucap cuma beda tipis dengan Helio G70. Buat memori, chipset ini membagikan sokongan LPDDR4 RAM sampai 8GB.

MediaTek Helio G80 bisa menunjang tampilan sampai resolusi maksimum 2520x1080 piksel. chipset ini juga mendukung kamera ganda. Buat kamera ganda, chipset ini dapat digunakan buat 2 lensa 16- megapiksel ataupun satu lensa dengan resolusi 48- megapiksel. Chipset ini  sanggup memainkan video sampai resolusi 2K pada 30fps ataupun 1080p pada 60fps.

MediaTek saaat ini masih belum mengumumkan smartphone apa saja akan memakai chipset terbarunya itu, yang pasti chipset ini akan banyak digunakan pada ponsel gaming kelas menengah yang akan launching tahun ini.

Berbeda dengan Helio G90 kelas atas, Helio G80 tidak menunjang teknologi UFS buat chip penyimpanan. Tidak hanya itu, chipset ini pula tidak dilengkapi dengan pengatur kinerja dengan kecerdasan buatan (AI). Pada G90, kecerdasan buatan ini disematkan pada APU chipset tersebut.

Walaupun tidak mempunyai APU, tetapi MediaTek menyebut ISP chip ini dapat melayani fitur semacam pengenalan objek. ini dibutuhkan buat melaksanakan aplikasi semacam Google Lens, pendeteksian objek gambar, potrait dikala mengambil gambar, serta pengenalan wajah.  

0 komentar:

Posting Komentar